Benarkah BAB Yang Tidak Teratur Menjadi Tanda Kalau Tubuh Tak Sehat ?

header niko 728 x 90

frekuensi BAB normal

InspirasiBersama.com – Banyak orang beranggapan bahwa BAB (buang air besar) yang normal adalah setiap hari. Ini berarti kalau kita tidak bisa BAB setiap hari, maka kita tergolong tidak sehat. Benarkah demikian ?

 

Secara umum, orang yang bisa melakukan BAB rutin setiap hari, memang memiliki pencernaan yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang BAB 2 atau 3 hari sekali. Namun menurut para ahli, anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa BAB setiap hari karena bukan berarti kita tidak sehat.

Setiap orang mempunyai kebiasaan buang air besar (BAB) yang berbeda-beda. Ada orang yang setiap harinya BAB satu kali dan biasanya pagi hari. Ada juga yang sehari mesti BAB dua kali. Kondisi ini tergantung kesehatan pencernaan masing-masing. Namun kebanyakan dari kita melakukan buang air besar satu kali pada pagi hari. Hal ini disebabkan waktu pagi hari merupakan waktu dimana proses makanan yang dicerna selama seharian kemarin sudah berada pada posisi yang siap dikeluarkan oleh pencernaan kita.

Baca Juga  Dampak Buruk Sarapan Mie Instan Bagi Kesehatan

BAB yang tidak teratur setiap hari, bukan pertanda kalau kita tidak sehat. Hal ini sesuai dengan pernyataan seorang ahli spesialis pencernaan yang bernama Felice Schhnoll-Sussman. Seseorang yang tidak bisa BAB selama 1-3 hari masih dikategorikan normal. Selagi kita tidak merasakan perut nyeri, kembung, rasa sakit saat buang air besar, maka kondisi ini masih dalam batas normal.

Baca Juga  Benarkah Sayuran Yang Ditumis Akan Lebih Menyehatkan ?

Menurutnya, tidak ada batasan normal seseorang harus BAB berapa kali dalam sehari. Jika anda yang menganggap normalnya BAB adalah sehari sekali, maka itu hanya anggapan beberapa orang tertentu saja.

Yang perlu kita waspadai adalah berubahnya pola BAB yang biasa terjadi. Misalnya biasanya kita melakukan BAB satu kali perhari, maka jika mengalami perubahan yang terjadi dalam beberapa hari misalnya sampai 3 hari sekali. Maka kita patut mencurigai ada masalah pada pencernaan. Namun biasanya perubahan pola BAB sering sekali disebabkan karena perubahan pola makan. Namun kondisi ini tidak menutup kemungkinan terjadi suatu infeksi, misalnya diare.

Baca Juga  Tips Aman Meredakan Cegukan Pada Bayi

Apabila kita merasakan sesuatu yang tidak nyaman pada perut karena perubahan pola BAB, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Artikel Terkait : Apa Yang Menyebabkan Sering Buang Gas ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *