Benarkah Anak Yang Mempunyai Asma Cenderung Obesitas ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah anda bahwa berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa anak yang memiliki penyakit asma erat kaitannya dengan obesitas. Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari University of Southern California AS.

Dalam sebuah penelitian yang memakan waktu selama 10 tahun tersebut diketahui bahwa anak yang memiliki asma akan cenderung memiliki berat badan yang obesitas. Diketahui dalam studi tersebut melibatkan 2000 anak yang terjangkit asma.

sumber gambar : http://asmapadaanak.com/

Kesimpulan dari hasil studi yang sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama American Journal of Respiratory Critical Care Medicine menyebutkan bahwa sekitar 50 persen anak yang memiliki asma, memiliki berat badan yang obesitas.

Baca Juga  Ini Dia Makanan Yang Bisa Memicu Bau Mulut

Baca Juga : Stres Pada Anak Bisa Meningkatkan Resiko Serangan Asma

Meskipun demikian, para peneliti belum bisa menjawab mengapa anak yang memiliki asma akan meningkatkan resiko obesitas. Selain itu belum jelas pula apakah justru obesitas yang memicu asma. Tetapi para peneliti mengatakan bahwa memang obat yang diberikan kepada pasien asma bisa menyebabkan efek samping peningkatan berat badan.

Selain itu banyak para pakar kesehatan yang juga mengkaitkan antara asma dengan obesitas. Kondisi ini bisa saling mempengaruhi satu sama lain. Oleh karena itu, deteksi dini dan penanganan asma yang tepat dapat mencegah terjadinya obesitas pada anak.

Baca Juga  Kemampuan Teh Hijau Dalam Menurunkan Berat Badan

Faktor lain yang juga bisa mempengaruhi mengapa anak yang memiliki asma cenderung gemuk, hal ini disebabkan karena anak yang punya asma akan menyebabkan malas berolahraga sehingga bisa memicu kegemukan. Hal ini disebabkan karena melakukan olahraga yang tergolong berat bisa menyebabkan anak menjadi sesak napas.

Selain itu seorang anak yang memiliki asma akan cenderung lebih berat apabila mengalami berat badan yang berlebih atau obesitas. Jadi bagi seorang anak yang mempunyai asma, selain mengontrol gejala asma penting juga untuk tetap menjaga berat badan agar tidak sampai obesitas.

Baca Juga  Dampak Negatif Terlalu Lama Nonton Televisi Bisa Membuat Bodoh

Artikel Terkait : Beberapa Makanan Yang Sangat Baik Bagi Penderita Asma

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *