Benarkah Almond Mengandung Senyawa Yang Berbahaya ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kacang almond memang dikenal dengan salah satu makanan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Namun hal ini sedikit ternodai karena ada anggapan bahwa kacang almond mengandung senyawa yang berbahaya, benarkah demikian ?

sumber : kulinerwisata.com – senyawa berbahaya pada kacang almond

Ternyata senyawa berbahaya tersebut adalah sianida. Kacang almond memang diketahui mengandung senyawa sianida. Kalangan masyarakat Indonesia tentunya sudah faham tentang sianida yang bisa membuat seseorang meninggal dunia. Sianida memang bersifat racun bagi tubuh. Namun mengkonsumsi almond yang mengandung senyawa sianida bisa menyebabkan beberapa gangguan seperti mual muntah, pusing, sakit kepala, lidah menjadi iritasi, detak jantung meningkat dan juga sesak napas dan pingsan.

Baca Juga  Alasan Mengapa Bayi tak Perlu Pakai Bedak Tabur

Ternyata kandungan senyawa sianida pada kacang almond tak semua benar. Menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan sianida pada almond lebih banyak dijumpai pada almond liar yang terdapat banyak kandungan amygdalin glikosida. Faktor lain yang menyebabkan adanya kandungan senyawa sianida pada almond adalah pada proses pengoalan yang tidak tepat.

Jadi menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa kacang almond yang beredar kebanyakan bukan berasal dari almond liar. Namun almond melalui sebuah proses yang baik sehingga hanya sedikit sekali mengandung sianida. Dalam prosesnya, biji almond yang diproduksi akan melalui proses pemanasan suhu panas tertentu sehingga membuat kandungan racun hilang.

Baca Juga  Penyebab Penurunan Berat Badan Secara Drastis Bagi Penderita Diabetes

Jadi kesimpulannya adalah menurut para pakar kesehatan tak perlu takut mengkonsumsi kacang almond karena kandungan sianida. Karena dengan sistem pengolahan yang baik akan membuat kandungan sianida menghilang sehingga hanya mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Artikel Terkait : Banyak Makanan Yang Mengandung Sianida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *