Begini Cara Menyehatkan Rambut Secara Alami

header niko 728 x 90

cara merawat rambut

Sekarang ini sering kita menjumpai orang yang melakukan sebuah perawatan rambut dengan biaya yang tidak murah. Mereka rela mengeluarkan uang hanya demi agar rambut mereka bisa tampil cantik dan mempesona. Tapi tahukah anda untuk bisa membuat rambut anda sehat secara alami, anda membutuhkan sebuah asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Ini adalah cara yang bijak dalam menyehatkan rambut kita.

Banyak para pakar yang mengatakan bahwa untuk bisa membuat rambut tampak sehat, kuat dan berkilau maka tidak ada lagi yaitu dengan asupan nutrisi yang sehat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Apabila asupan nutrisi kita tidak sehat dan tidak seimbang maka bisa membuat rambut kita menjadi kusam, mudah rontok dan tidak berkilau. Berikut beberapa makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut kita agar rambut tampak sehat, berkilau dan kuat :

Baca Juga  Tips Mewaspadai Gejala Flu Burung

 

1. Protein

Rambut kita sangat membutuhkan protein untuk bisa menjadi sehat. Protein memberi pengaruh yang sangat besar bagi kesehatan rambut dan keseluruhan tubuh kita termasuk kulit.

Protein yang dibutuhkan oleh rambut kita adalah yang mengandung keratin. Adapun makanan yang banyak mengandung keratin adalah telur, daging ayam, ikan laut dan kedelai.

Disamping makan makanan yang mengandung protein yang berasal dari hewan, anda juga harus mengimbangi dengan protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan. Kacang-kacangan sangat berguna dalam pembentukan asam amino yang berfungsi memproduksi keratin yang menjadi sumber protein oleh rambut.

 

2. Karbohidrat

Selain protein, nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut adalah karbohidrat. Orang yang kekurangan asupan karbohidrat bisa membuat rambut kita rontok. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat diantaranya beras, beras merah, roti gandum dll.

Baca Juga  Banyak Kalangan Remaja Yang Menjadikan Valentine Sebagai Ajang Pamer Pasangan

 

3. Zat besi

Untuk membuat rambut kita kuat, maka lakukan asupan makanan yang banyak mengandung zat besi. Orang yang kekurangan akan zat besi bisa menyebabkan anemia dan bisa membuat rambut kita menjadi rontok. Beberapa makanan yang banyak mengandung zat besi adalah sayuran hijau, kuning telur dan minyak ikan.

 

4. Omega-3

Omega-3 sangat berperan dalam menjaga agar kulit kepala kita sehat. Dengan kulit kepala yang sehat, maka rambut kita akan juga sehat. Selain itu omega-3 juga sangat bagus dalam antioksidan bagi tubuh kita.

 

5. Vitamin dan mineral

Sering kita melihat orang yang mempunyai kepala botak, hal ini bisa juga dikarenakan kurangnya asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh rambut kita. Vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh rambut kita adalah biotin atau golongan vitamin B.

Baca Juga  Apa Pentingnya Melatih Anak Untuk Tidur Secara Teratur ?

Vitamin ini berguna sekali menjaga agar rambut kita tetap kuat dan tidak mudah rontok. Zinc adalah salah satu contoh mineral yang sangat bagus bagi kesehatan rambut kita. Apabila kita kekurangan zinc maka bisa membuat kulit kepala kita menjadi kering dan muncul ketombe.

Agar kebutuhan vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi rambut terpenuhi, maka sangat disarankan untuk banyak konsumsi sayur dan buah minimal 5 buah perhari.

 

Artikel Terkait : Penyebab Kulit Cepat Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *