Begini Cara Mengusir Hidung Yang Mampet

header niko 728 x 90

hidung mampet

InspirasiBersama.com – Hidung yang mampet atau tersumbat memang bagi kebanyakan orang sangat mengganggu. Kondisi ini akan semakin terasa saat kita hendak tidur. Rasa susah untuk bernapas pasti akan kita alami. Untuk mengusir hidung yang mampet anda bisa melakukan beberapa hal berikut.

 

Kondisi mampetnya hidung bisa disebabkan karena banyak faktor mulai dari flu, alergi, pilek atau bisa karena sinus. Semua penyebab tersebut akan memunculkan gejala yang menyiksa yaitu hidung menjadi mampet atau tersumbat sehingga menghalangi kita saat bernapas.

Berikut beberapa cara mengusir hidung yang mampet dengan mudah :

§  Berikan tubuhmu cukup cairan
Saat hidung kita mampet atau tersumbat maka pertama kali yang harus kita lakukan adalah konsumsi cairan yang cukup. Anda bisa melakukan minum air putih, jus, teh atau jenis minuman sehat lainnya. Anda juga bisa memilih jenis minuman yang hangat yang memberikan efek lebih baik bagi hidung yang tersumbat. Misalnya teh hangat, air manis hangat atau sup hangat. Dengan minum minuman yang hangat dipercaya bisa meringankan gejala hidung tersumbat dan mampu menguranginya.

Baca Juga  Hati-hati Penularan Virus Hepatitis A di Sekitar Kita

 

§  Uap untuk pernapasan yang lebih lancar
Tips ke dua untuk meringankan hidung yang mampet atau tersumbat adalah dengan cara memberikan uap pernapasan. Menghirup uap yang hangat atau dingin saat hidung kita mampet mempunyai banyak manfaat. Hal ini terbukti bisa mengencerkan lendir pada hidung dan tenggorokan kita. Anda bisa menggunakan uap air hangat yang ditaruh di baskom.

 

Caranya adalah masaklah air sampai mendidih. Kemudian ambil beberapa cangkir untuk diletakkan pada baskom secukupnya. Setelah itu hiruplah uap air hangat tadi secara perlahan-lahan sampai uap air habis. Anda bisa melakukan hal ini 2-3 kali sehari saat hidung kita tersumbat atau mampet.

Baca Juga  Pasangan Suami Istri Yang Punya Tubuh Gemuk, Lebih Rentan Tidak Punya Anak

§  Ubah rutinitas malammu
Cara mengusir hidup mampet selanjutnya adalah dengan melakukan istirahat yang cukup pada malam hari. Ini merupakan hal yang sangat penting untuk memulihkan kondisi tubuh yang lagi menurun. Namun justru saat kita mengawali tidur maka hidung yang mampet akan semakin terasa menyiksa. Untuk mengantisipasinya kita bisa tidur dengan bantal yang lebih tinggi. Disamping dengan posisi tidur yang lebih tinggi, tidur dengan posisi miring juga bermanfaat meringankan hidung tersumbat.

§  Mandi air hangat
Tips terakhir untuk mengusir hidung yang mampet atau tersumbat yang disebabkan karena flu, pilek atau alergi adalah dengan cara mandi air hangat. Disamping melakukan minum air hangat, uap air panas, dan tidur malam yang cukup, mandi air hangat juga dipercaya bisa meringankan gejala hidung yang mampet.

Baca Juga  Inilah Posisi Seks Yang Kurang disukai Oleh Para Pria

 

Dengan melakukan mandi air hangat maka bisa membuat lendir dalam hidung kita menjadi lebih tipis sehingga kita bisa lebih leluasa untuk bernapas. Bukan hanya itu saja, mandi air hangat juga dipercaya bisa mengurangi peradangan pada saluran hidung seperti flu atau pilek.

Artikel Terkait : Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Tidur 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *