Begini Cara Mengenali 5 Penyebab Anemia

header niko 728 x 90

anemia

InspirasiBersama.com – Penyebab secara umum anemia adalah adanya kekurangan asupan zat besi. Dengan berkurangnya zat besi dalam tubuh, maka akan membuat kadar HB (haemoglobin) akan menjadi turun. Namun ternyata gejala yang disebabkan penurunan kadar HB tidak spesifik. Oleh karena itu kebanyakan orang tidak sadar kalau mengalami gejala anemia. Untuk itu kita harus belajar cara mengenali 5 penyebab anemia.

Kabar buruknya adalah banyaknya orang yang tidak menyadari kalau mengalami anemia karena defisiensi zat besi membuat para pakar menyebut gejala ini sebagai silent killer atau pembunuh secara perlahan. Pasalnya ada sekitar 20 persen penyebab kematian pada orang dewasa disebabkan karena kurangnya asupan zat besi yang tidak diketahui.

Bahkan menurut para pakar, bukan hanya karena defisiensi saja yang menyebabkan anemia. Ada beberapa penyebab lain yang bisa meningkatkan resiko anemia, diantaranya :

1. Penyebab yang pertama anemia adalah adanya kekurangan asupan makanan yang bergizi yang sangat penting dalam pembentukan Hb dalam darah. Beberapa zat tersebut misalnya zat besi, vitamin B12, asam folat dan protein yang mempunyai peranan penting dalam pembentukan kadar Hb dalam darah.

Baca Juga  Kenali Buah-buahan yang Banyak Mengandung Vitamin C, Selain Buah Jeruk

2. Penyebab ke dua seseorang mengalami anemia adalah disebabkan karena adanya faktor perdarahan. Perdarahan disini bisa terjadi pada lambung, infeksi usus, adanya trauma atau luka dan ambeyen atau berak darah. Semua penyakit tersebut bisa menyebabkan seseorang mengalami anemia.

3. Penyebab selanjutnya adalah adanya penyakit malaria yang menyertai. Pada kasus malaria akan terjadi perpecahan sel darah merah dalam tubuh kita sehingga bisa beresiko mengalami anemia.

4. Penyebab ke empat adalah adanya penyakit infeksi yang diderita oleh pasien. Misalnya penyakit TBC, HIV/AIDS. Pada penderita penyakit infeksi tersebut rentan mengalami anemia karena adanya asupan gizi yang kurang bahkan pada perdarahan.

5. Penyebab ke lima terjadinya anemia adalah karena adanya penyakit talasemia. Saat seseorang mengalami talasemia, maka akan terjadi kelainan pada darah yang bersifat genetik yang menyebabkan sel darah merah akan sangat mudah mengalami pecah sehingga sangat rentan mengalami anemia.

Baca Juga  Lebih Sehat Mana Antara Susu Kacang dan Susu Sapi ?

Banyak masyarakat Indonesia yang menderita anemia. Hal ini kebanyakan disebabkan karena kurangnya asupan makanan yang banyak mengandung zat besi. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang Indonesia mengkonsumsi jenis makanan yang berasal dari nabati. Jenis sumber zat besi yang berasal dari nabati ternyata cukup sulit untuk diserap oleh tubuh kita. Hal inilah yang membuat sering terjadi penderita anemia di Indonesia.

Untuk sumber makanan yang baik menghasilkan zat besi adalah berasal dari hewani. Contohnya adalah daging sapi, ayam, kambing, bebek dan ikan. Anda juga bisa memperoleh asupan zat besi dari nabati yang banyak berasal dari sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, daun singkong, kangkung. Namun para pakar lebih menyarankan untuk mengkonsumsi dari sumber hewani karena lebih baik penyerapan dibandingkan dari sumber nabati.

Baca Juga  Penyebab Kontrasepsi Bisa Mempengaruhi Libido Wanita

Yang harus diperhatikan oleh banyak orang adalah mengetahui faktor yang membantu peningkatan penyerapan atau promotor terhadap zat besi. Salah satu promotor yang baik meningkatkan penyerapan zat besi adalah vitamin C. Sedangkan beberapa makanan yang bisa menghambat penyerapan atau inhibitor terhadap zat besi adalah berasal dari jenis minuman yang banyak mengandung tannin seperti teh dan kopi. Jadi kesimpulannya untuk meningkatkan penyerapan zat besi yang masuk ke dalam tubuh kita, harus menghindari beberapa makanan yang bisa menghambat penyerapan zat besi.

Demikian informasi tentang cara mengenali 5 penyebab anemia. Semoga membantu

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Kelapa Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *