Begini Cara Mengatasi Kecanduan Ponsel Dengan Mudah

header niko 728 x 90

cara mengatasi kecanduan ponsel

InspirasiBersama.com – Manusia modern seperti saat ini banyak yang mengalami kecanduan ponsel. Coba kita lihat hampir setiap waktu kita selalu meluangkan waktu untuk sekedar membuka ponsel. Bahkan ada lagi yang lebih parah sampai pada kecanduan menggunakan ponsel. Tentu ini merupakan kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan kita.

Istilah kecanduan ponsel sendiri memiliki beragam penilaian menurut para ahli. Bahkan jarang sekali orang bisa dikatakan kecanduan ponsel. Menurut Dr. David Greenfield yang merupakan seorang asisten profesor psikiatri dari University of Connecicut mengatakan saat ini sebagian besar orang sudah bisa dikatakan berlebihan dalam penggunaan ponsel. Namun yang dikatakan kecanduan hanya sedikit orang saja.

Baca Juga  Dampak Jarang Mengganti Popok Bayi

Menurutnya istilah berlebihan dan kecanduan masing belum jelas batasannya. Menurut Greenfield yang dikatakan kecanduan ponsel yaitu apabila dalam kedaan bahaya kita masih menggunakan ponsel. Misalnya dalam posisi menyetir kita masih berusaha menggunakan ponsel untuk menelpon dan mengirim pesan.

Apabila kita tidak nyaman saat tidak menggunakan ponsel, cemas dan terganggu apabila tidak menggunakan ponsel maka itu menjadi suatu masalah. Orang yang mengalami kecanduan menggunakan ponsel seperti halnya orang yang kecanduan alkohol maupun obat terlarang. Mereka biasanya menggunakan ponsel dengan ‘dosis’ yang tinggi, artinya menggunakan ponsel dalam waktu yang lama.

Berdasarkan kesehatan, penggunaan ponsel secara terus-menerus memang tidak bagus bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan bisa mengganggu pola tidur dan mereka yang sering menggunakan sosial media lebih rentan untuk menglami depresi. Disamping itu radiasi ponsel juga sangat tidak bagus bagi kesehatan otak kita.

Baca Juga  Ternyata Melakukan Istirahat Otak Berdampak Positif Pula Bagi Kesehatan Mental

Untuk mengatasi kecanduan ponsel yang marak dialami banyak orang sekarang ini, para pakar menyarankan kepada pecandu ponsel untuk sadar dan membatasi penggunaan ponsel dalam sehari. Misalnya dalam sehari anda bisa menghabiskan waktu selama 2 jam bermain sosial media, maka kurangi menjadi 1 jam dalam sehari. Selain itu hapus beberapa aplikasi ponsel yang membuat anda kecanduan misalnya game.

Saat anda mau memulai tidur juga sangat disarankan untuk menghindarkan ponsel atau benda elektronik lainnya dari hadapan anda. Hal ini dimaksudkan agar kualitas tidur kita bisa lebih baik. Bahkan para pakar menyarankan menghindarkan ponsel setidaknya 30 menit sebelum anda tidur.

Baca Juga  Pentingnya Memakai Alas Kaki Bagi Penderita Diabetes

Artikel Terkait : Apa Bahayanya Sering Menaruh Ponsel Pada Saku Celana dan Dada ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *