Begini Cara Mengatasi Bayi Yang Hidungnya Tersumbat

header niko 728 x 90

mengatasi sumbatan hidung pada bayi

InspirasiBersama.com – Hidung tersumbat merupakan kondisi yang sangat mengganggu kita. Hal ini biasanya sering terjadi saat kita mengalami pilek. Saat itu ada banyak cairan dan kotoran dalam hidung kita sehingga membuat kita sulit bernapas. Coba bayangkan jika hidung tersumbat dialami oleh seorang bayi, bagi orang dewasa saja sangat mengganggu. Seorang bayi yang mengalami hidungnya tersumbat pasti mengalami rewel sehingga membuat para ibu resah. Untuk itu sangat penting bagi seorang ibu mengerti cara mengatasi bayi yang hidungnya tersumbat.

Bagi seorang bayi, pilek merupakan penyakit yang sering dialami. Hal ini disebabkan karena saat masih bayi, maka antibodi masih belum terbentuk dengan kuat sehingga rentan masuknya bakteri atau virus. Namun yang menjadi masalah adalah banyak ibu yang merasa panik tidak tahu harus bagaimana jika bayinya mengalami hidung tersumbat. Jika memang anak anda terserang pilek yang lebih serius, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini untuk mengurangi resiko pneumonia yang mungkin terjadi.

Baca Juga  Benarkah Olahraga Bersepeda Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Organ Intim ?

 
Setelah anda membawa anak atau bayi ke dokter, maka di rumah seorang ibu dituntut untuk bisa membantu meringankan hidung bayi yang tersumbat. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung yang tersumbat pada bayi :

  •  Bantu bayi Anda membuang ingusnya
    Saat seorang bayi mengalami pilek, maka akan disertai dengan tersumbatnya hidung oleh ingus dan kotoran yang menghambat saluran hidung. Hal itulah yang membuat para bayi yang menderita pilek tidak nyaman alias rewel. Bagi para ibu, bisa menggunakan alat penghisap ingus bayi atau yang dikenal dengan aspirator. Ini adalah alat khusus untuk menghisap cairan hidung pada bayi. Jika anda tidak mempunyai aspirator, maka bisa menggunakan cairan saline atau cairan yang mengandung garam. Anda bisa membelinya di apotek terdekat. Teteskan cairan saline pada hidung bayi yang berfungsi untuk mengencerkan kotoran dan membantu mengeluarkan kotoran dalam hidung.
  • Si kecil memerlukan cukup cairan
    Pada saat seorang bayi mengalami hidung tersumbat, maka bayi akan membutuhkan banyak cairan. Untuk memenuhinya, seorang ibu harus memberikan banyak air putih dan jus untuk mengatasi kekurangan cairan. Jika usia si kecil sudah besar, maka anda bisa membuatkannya sup hangat yang membuatnya nyaman.
  • Uap untuk hidung yang tersumbat
    Bagi seorang bayi yang mengalami hidung tersumbat, maka membutuhkan lingkungan udara yang lembab dan hangat. Anda bisa memanfaatkan uap air hangat yang ditaruh di baskom. Usahakan bayi anda menghirup uang air hangat tadi. Dengan menghirup uang air hangat, maka bisa membuat bayi lebih nyaman sehingga mampu bernapas dengan lega.
Baca Juga  Mengapa Saat Naik Turun Tangga Lutut Sering Terasa Nyeri ?

 

Yang perlu diwaspadai bagi anda yang mempunyai seorang bayi yang sering mengalami flu, maka sangat tidak disarankan untuk tidak menggunakan obat flu secara sembarangan. Hal ini bisa menimbulkan efek samping bagi seorang bayi yang masih rentan terhadap alergi. Untuk itu sangat disarankan untuk membawanya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca Juga  Jenis Makanan Yang Mengandung Zat Besi Selain Daging Merah

Sumber : alodokter.com

Artikel Terkait : Cara Alami Mengatasi Anak Yang Sedang Batuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *