Begini Cara Mengatasi Anak Yang Tidak Suka Makan Nasi

header niko 728 x 90

anak yang tidak suka makan nasi

InspirasiBersama.com – Berawal dari sebuah tanya jawab dalam sebuah forum konsultasi dari harian kompas. Ada seorang ibu yang bertanya kepada seorang dokter bagaimana cara mengatasi anak yang tidak suka makan nasi ?. Ibu tersebut memiliki seorang anak yang berusia 8 tahun. Mulai kecil sampai saat ini usianya 8 tahun sulit sekali untuk makan nasi. Namun saat orang tua memberikan roti atau mie anak tidak menolaknya.

Wanita 31 tahun itu mempertanyakan kepada dokter kalau anaknya tidak suka nasi apakah bisa digantikan dengan konsumsi roti atau mie ?. Wanita tersebut juga menceritakan kepada dokter bahwa anaknya sebenarnya cukup mau untuk mengkonsumsi buah dan sayuran. Tapi kalau untuk masalah nasi agak susah. Selain itu anaknya juga memiliki berat badan yang tidak pernah gemuk.

Baca Juga  Tips Mencegah Terjadinya Infeksi Saat Hamil

Menurut seorang dokter tentang keluhan ibu tadi mengatakan saat anak berusia 8 tahun memang sudah sebaiknya dikenalkan dengan berbagai macam sumber karbohidrat. Hal ini dimaksudkan agar anak tidak fanatik hanya mengkonsumsi jenis makanan tertentu saja seperti yang terjadi anak tersebut.

Kalau kita berbicara jenis makanan yang mengandung karbohidrat sangat banyak sekali jenisnya. Mulai dari tepung sagu, tepung terigu, ubi, roti, mie, biskuit, bubur beras, bihun. Makaroni dll. Berikan menu karbohidrat yang bervariasi kepada anak agar anak mengenal dan menyukai banyak makanan yang banyak mengandung karbohidrat.

 
Yang harus diperhatikan oleh seorang ibu yang mempunyai anak kecil adalah harus pandai-pandai mengolah bahan makanan yang mengandung karbohidrat tersebut agar menarik perhatian anak sehingga membuat anak kita tertarik untuk mencobanya. Misalnya anda membuat makanan dari bahan dasar tepung menjadi sebuah kue dan snack yang menarik perhatian anak.

Baca Juga  Beberapa Kesalahan Saat Berolahraga Yang Sering Dilakukan

 
Sebenarnya seorang anak yang makan buah dan sayur juga mengkonsumsi karbohidrat. Hal ini dikarenakan dalam buah dan sayur terdapat kandungan karbohidrat namun jumlahnya relatif sedikit. Alangkah baiknya seorang ibu menggunakan buah dan sayur sebagai makanan tambahan bagi anak untuk melengkapi kebutuhan karbohidrat.

Menurut para ahli, dalam memberikan nutrisi terbaik bagi anak seorang ibu harus memberikan beragam makanan yang banyak mengandung gizi yang tinggi. Hal ini dimaksudkan agar kebutuhan nutrisi anak bisa terpenuhi sehingga membuat berat badan anak kita menjadi ideal. Jenis makanan tersebut meliputi protein, vitamin, lemak, mineral dan serat.

Untuk jenis protein orang tua bisa menggunakan telur, ikan, daging, tahu dan tempe. Berikan secara bervariasi agar anak kita tidak bosan. Untuk makanan yang mengandung mineral dan serat bisa didapat pada aneka buah dan sayuran. Yang terpenting disini adalah seorang tua harus kreatif dalam mengolah jenis makanan tersebut agar anak kita tidak merasa bosan sehingga malas untuk makan.

Baca Juga  Orang Tua Yang Suka Mengkritik Negatif Kepada Anak, Menyebabkan Anak Takut Untuk Mencoba Hal Baru

 

Artikel Terkait : Tips Mencegah Anak Agar Tidak Ketagihan Junk Food

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *