Begini Cara Mencegah Keinginan Makan Berlebih Akibat Kurang Tidur

header niko 728 x 90

makan berlebih akibat kurang tidur

Inspirasibersama.com – Tahukah anda bahwa kurang tidur bisa membuat kita mempunyai keinginan makan yang berlebih. Bahkan dalam sebuah hasil studi yang dilakukan oleh University of Chicago Medical Center mengatakan orang yang kecanduan makan akibat kurang tidur seperti mekanisme seseorang yang kecanduan akan ganja.

Saat seseorang mengalami kurang tidur, maka akan meningkatkan resiko makan secara berlebih dengan jenis makanan yang dipilih adalah banyak mengandung lemak dan gula.

Dalam studi tersebut para peneliti menjumpai orang yang mengalami kurang tidur saat diberikan rangsangan jenis makanan ringan yang enak maka tidak dapat menolaknya. Padahal dua jam sebelumnya mereka sudah makan dan sudah hampir 90 persen kebutuhan kalori sudah tercukupi.

Menurut para peneliti peningkatan dorongan makan secara berlebih bagi mereka yang mengalami kurang tidur akan memuncak  pada saat siang dan sore hari.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Erin Hanlon yang diterbitkan dalam journal SLEEP mengatakan bahwa saat seseorang mengalami kurang tidur, maka akan ada suatu sinyal alami tubuh yang meningkatkan keinginan untuk makan dan kesenangan yang diperolah dari kegiatan makan. Hal ini seperti yang terjadi saat seseorang memngonsumsi ganja yang menimbulkan efek endocannabinoid yaitu kondisi dimana terjadi efek kecanduhan terhadap ganja yang bisa meningkatkan keinginan untuk makan.

Baca Juga  Manfaat Lain Melakukan Diet Selain Melangsingkan Badan

Banyak orang yang bertanya, bagaimana jika kita terpaksa mengalami kurang tidur karena beberapa hal sehingga meningkatkan keinginan kita untuk banyak makan. Para pakar diet menyarankan untuk melakukan tiga tips berikut untuk mengatasi keinginan makan yang berlebih akibat kurang tidur :
Membuat jurnal makanan
Langkah pertama yang anda lakukan adalah dengan membuat jurnal makanan. Untuk menghentikan keinginan makan yang berlebih akibat kurang tidur, maka sebaiknya anda menulis tentang makanan apa saja yang sudah anda konsumsi, seberapa banyaknya. Bahkan anda juga boleh memfoto diri anda sendiri saat makan.

Menurut para pakar diet, hal ini sangat penting untuk menghindarkan kita dari obesitas. Karena berdasarkan hasil studi kebanyakan dari mereka yang mengalami kenaikan berat badan terjadi karena mereka mengaku tidak ingat dengan berbagai makanan yang sudah dia konsumsi. Dengan membuat jurnal makanan sendiir akan mengingatkan kita tentang hal ini.

Selanjutnya anda bisa melakukan sarapan secara rutin dengan menu yang sehat dan bergizi tinggi. Mengapa harus bergizi dan sehat ? Karena kalau kita sarapan asal-asalan maka justru akan meningkatkan keinginan kita untuk banyak ngemil karena masih terasa lapar. Berbeda saat kita sarapan dengan menu yang bergizi tinggi. Maka rasa kenyang akan terasa lebih lama.
Ngemil banyak boleh, asal..
Tips selanjutnya adalah jika keinginan ngemil makanan sudah tidak bisa anda bendung lagi, maka sangat disarankan untuk memilih jenis makanan yang sehat, berprotein dan banyak serat. Anda bisa memilih negemil buah-buahan dan keju atau kerupuk gandum. Dengan jenis cemilan yang banyak mengandung protein, vitamin dan serat maka setidaknya kita terhindar dari resiko peningkatan berat badan. Selain itu menurut para pakar diet, ngemil pada sore hari sekitar jam 4 sangat bagus untuk menghindarkan kita makan malam dalam jumlah yang banyak.
Minuman pengganti kopi
Jika anda mempunyai kebisaan minum kopi, maka coba sesekali anda menggantinya dengan minum es jeruk lemon yang lebih banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Selain itu es jeruk lemon bisa memberikan kita cukup energi sehingga terhindar dari rasa lapar yang memicu kita untuk konsumsi banyak makanan. Selain itu minum es jeruk lemon memberikan kesegaran tersendiri bagi kita sehingga bisa sangat bagus untuk meningkatkan ketenangan sehingga membuat ritme tidur kita menjadi lebih baik. Hal ini berbeda saat kita konsumsi banyak minuman yang mengandung kafein.

Baca Juga  Rutin Melakukan Yoga Ternyata Bisa Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Berhenti beraktivitas saat ngemil
Tips terakhir yang bisa kita lakukan untuk membatasi keinginan makan yang berlebih akibat kurang tidur adalah dengan cara berhenti aktivitas saat ngemil. Banyak orang yang menyepelehkan hal ini. Sering kita menjumpai seseorang yang sedang ngemil atau makan namun dibarengi dengan beraktivitas. Perilaku ini akan membuat kita lupa akan apa yang kita makan dan tidak memperhatikan sinyal lapar tubuh. Kita akan terdorong untuk makan terus walaupun sudah terasa kenyang karena kita sedang melakukan aktivitas.

Baca Juga  Mengapa Banyak Lansia di Spanyol Yang Mempunyai Umur Panjang ?

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Apa Bahayanya Jika Makan Terlalu Kenyang ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *