Begini Cara Memperlambat Penuaan Dengan Mudah

header niko 728 x 90

kiat awet muda

InspirasiBersama.com – Semua orang pastinya ingin terlihat awet muda. Secara alami manusia akan mengalami penuaan seiring dengan bertambahnya usia. Meskipun demikian bukan berarti penuaan tidak dapat diperlambat. Ada cara sederhana dan mudah yang bisa dilakukan agar penuaan bisa berjalan lambat.

Berikut beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan agar bisa memperlambat penuaan :

1. Meditasi dan olahraga

Berdasarkan hasil studi menyebutkan bahwa seseorang yang sering mengalami stres akan lebih cepat mengalami penuaan. Bukan hanya penauan saja, stres kronis juga dihubungkan dengan banyak penyakit seperti gangguan jantung dan pembuluh darah, penurunan kekebalan tubuh dan gangguan pada sistem saraf.

Jadi intinya agar awet muda kita harus terhindar dari stres. Untuk menghindari stres maka kita bisa melakukan meditasi dan olahraga. Meditasi terbukti bisa menurunkan stres, kesedihan, kecemasan dan kemarahan yang membuat kita cepat tua. Disamping itu dengan rutin berolahraga maka kita tidak mudah untuk stres.

Baca Juga  Tips Merawat Gigi Susu Pada Anak

Baca Juga : Jenis Olahraga Yang Paling Bagus Agar Awet Muda

2. Konsumsi makanan segar

Cara kedua untuk memperlambat proses penuaan adalah dengan cara konsumsi makanan yang segar. Hindari sebisa mungkin sering konsumsi makanan instan. Hal ini disebabkan karena makanan instan banyak terkandung fosfat yang mempunyai efek buruk bagi kesehatan tulang yang sangat identik dengan penurunan fungsi tulang.

Tahukah kita bahwa ada sekitar 46 jenis fosfat yang biasanya digunakan dalam makanan instan. Apabila kita sering mengkonsumsinya, maka secara otomatis akan membuat kesehatan tulang akan terganggu. Hal ini akan membuat tulang menjadi lemah, kepadatan menurun, mudah keropos dan nyeri pada tulang dan sendi layaknya orang lanjut usia.

Baca Juga  Benarkah Perut Buncit Lebih Berbahaya dibandingkan Obesitas ?

3. Kurangi gula

Tahukah kita bahwa terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung gula bisa membuat kulit kita terlihat cepat tua atau keriput. Hal ini disebabkan karena proses glikasi atau gula dalam darah menempel dengan protein yang bisa berefek buruk bagi kesehatan kita. Agar kita lebih awet muda, maka hindari terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung gula.

4. Bertemanlah

Yang terakhir adalah dengan banyak berinteraksi dengan orang lain. Orang yang sering merasa kesepian akan lebih mudah untuk stres, kurang bisa menghadapi kesulitan hidup dan akan memicu banyak produksi hormon yang membuat suasana hati kita menjadi sedih. Untuk menghindari hal ini, maka berusahalah untuk banyak bersosialisasi atau berteman dengan banyak orang. Dengan begitu kita tidak akan mudah stres, lebih bahagia, lebih banyak mendapatkan dukungan, serta membuat kita jadi awet muda.

Baca Juga  Usia Emas Seorang Wanita Melahirkan

Artikel Terkait : Konsumsi Delima Bisa Membuat Kita Awet Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *