Begini Cara Membersihkan Kamar Dari Sumber Alergi Dengan 4 Langkah Mudah

membersihkan tempat tidur

InspirasiBersama.com – Apakah anda saat ini mempunyai keinginan untuk membersihkan kamar anda dari sumber alergi ? Jika benar, maka anda bisa melakukan 4 langkah mudah ini di rumah.

Alergi merupakan reaksi yang di lakukan oleh tubuh kita akibat dari adanya respon terhadap benda atau zat asing yang masuk pada tubuh kita. Misalnya saja debu. Pada sebagian orang ada yang alergi terhadap debu sehingga saat masuh ke dalam saluran pernapasan bisa menimbulkan reaksi batuk-batuk bahkan sampai flu. Namun kebanyakan reaksi alergi terhadap zat atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh tidak menimbulkan reaksi yang serius.

Apabila anda saat ini sering mengalami alergi saat berada pada kamar anda, maka sebaiknya anda rutin melakukan bersih-bersih pada kamar anda dengan melakukan 4 hal mudah ini :
1. Pindahkan rak buku
Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk menghindari alergi pada kamar kita adalah dengan menata dengan rapi buku-buku yang berada di kamar. Kita tahu bahwa buku sering menjadi sarang debu, untuk itu perlu kita menempatkan buku pada rak buku dengan rapi. Selain itu anda juga dituntut untuk membersihkan atau memukul-mukul sarung bantal dan sprei tempat tidur setiap hari agar terhindar dari debu.
2. Terapkan aturan hewan peliharaan tak boleh masuk kamar
Bagi anda yang mempunyai alergi terhadap bulu hewan peliharaan, maka ada baiknya anda melarang hewan peliharaan anda untuk masuk kamar. Misalnya saja kucing yang sering meninggalkan bulu dimana-mana. Dengan begitu maka kamar anda akan bebas dari bulu hewan peliharaan yang bisa menimbulkan reaksi alergi.
3. Bersihkan karpet
Jika dalam kamar anda terdapat karpet, maka sebaiknya anda rajin untuk membersihkannya setidaknya seminggu sekali. Hal ini penting untuk menghindari banyaknya debu yang menempel pada karpet. Saat membersihkan karpet dihimbau untuk menggunakan masker wajah agar terhindar dari debu yang berterbangan.
4. Keringkan rambut sebelum tidur
Banyak orang yang melakukan tidur dengan rambut yang masih lembab atau basah. Dengan rambut yang lembab atau basah maka bisa memicu kutu dan tumbuhnya jamur  pada sarung bantal kita. Pastikan rambut anda kering betul saat anda mau melakukan tidur di kamar anda agar bebas dari hal-hal yang bisa menimbulkan alergi.

Baca Juga  Tips Menganali Gejala Overdosis Kafein

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : 5 Langkah Mudah Untuk Tidur Lebih Nyenyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *