Beberapa Tips Yang Bisa dilakukan Untuk Mencegah Anak Tidak Mudah Sakit

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kita tahu bahwa anak-anak memang kerap mengalami sakit. Adapun jenis penyakit yang sering kali melanda adalah flu, batuk, demam dan diare. Bahkan kalau boleh dibilang jenis penyakit tersebut adalah penyakit langganan yang sering kali melanda anak-anak. Meskipun anak tergolong rentan, bukan berarti sakit tidak bisa dicegah. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua agar anak tidak mudah sakit.

mengajarkan-anak-cuci-tangan

sumber gambar : www.solusisehatku.com

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan atau diterapkan kepada anak agar tidak mudah jatuh sakit :

1.Mencuci tangan

Tips pertama yang bisa dilakukan dan diajarkan kepada para anak adalah dengan rajin mencuci tangan. Ajarkan sedini mungkin kepada anak untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dan saat terkena kotoran. Sangat penting untuk orang tua untuk  pandai-pandai mengajarkan anak untuk rajin cuci tangan sehingga menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Baca Juga  3 Cara Menghindarkan Anak Dari Stres

Selain itu para orang tua juga sangat penting untuk memberikan edukasi kepada anak tentang pentingnya cuci tangan dan kapan harus cuci tangan. Misalnya saja beberapa kondisi yang sangat disarankan untuk melakukan cuci tangan adalah sebelum makan, setelah bermain di luar rumah, setelah dari toilet dan terpapar kotoran.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mencuci Tangan Yang Benar ?

2. Selalu sedia pertolongan pertama

Tips yang kedua yang harus dilakukan orang tua agar anak mereka tidak mudah sakit adalah dengan cara mengetahui bagaimana cara memberikan pertolongan pertama saat anak mulai sakit. Ini menjadi sangat penting agar sakit yang diderita tidak tambah parah. Misalnya saja saat bayi sedang diare atau flu, maka untuk mencegah lebih parah orang tua harus memberikan banyak ASI kepada anak agar tidak sampai dehidrasi. Selanjutnya bisa membawanya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Baca Juga  Dampak Sering Mendengarkan Musik Sedih Saat Putus Cinta

3. Meningkatkan gizi anak

Untuk mencegah anak agar tidak mudah sakit adalah dengan cara alami yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Caranya adalah dengan memberikan makanan yang bergizi dan seimbang. Sangat penting untuk memberikan makanan yang bisa memenuhi aneka vitamin, protein, mineral, omega 3 dan folat agar anak tidak mudah sakit.

Untuk bisa memberikan asupan makanan yang bergizi dan seimbang kepada anak, maka orang tua dituntut untuk mengetahui manfaat atau kandungan dari berbagai makanan yang bergizi. Anda bisa dengan mudah mencarinya secara online.

4.Lingkungan bersih

Tips terlahir untuk mencegah agar anak tidak mudah sakit adalah dengan menjaga lingkungan rumah dan sekitar selalu bersih. Dengan lingkungan yang bersih, maka bisa mengurangi resiko munculnya bakteri dan virus yang menjadi cikal bakal munculnya penyakit.

Baca Juga  Dampak Buruk Stres Bisa Membuat Program Penurunan Berat Badan Terhambat

Bukan hanya menjaga kebersihan lingkungan saja, orang tua juga harus mendidik anak agar selalu menjaga kebersihan badan. Caranya adalah dengan mengajarkan untuk mandi minimal 2 kali sehari dan menggunakan sabun, rajin sikat gigi, rutin mengganti baju dll.

Artikel Terkait : Benarkah Anak Yang Suka Bermain Kotor Lebih Sehat ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *