Beberapa Tanda Kalau Anak Bergizi Baik

header niko 728 x 90

tanda anak sehat

InspirasiBersama.com – Memiliki anak yang sehat tentu menjadi idaman setiap orang tua. Namun tidak semua anak mempunyai gizi yang baik. Banyak orang tua yang masih belum faham bagaimana tanda kalau seorang anak dikatakan sehat. Anak yang sehat berarti terpenuhi asupan gizi yang membuat anak berkembang dengan baik.

Berikut beberapa tanda kalau anak bergizi baik :

1. Tinggi badan dan berat badan sesuai umur

Tanda yang pertama seorang anak yang bergizi baik adalah memiliki tinggi badan dan berat yang ideal atau sesuai dengan umur.

Menurut seorang ahli mengatakan bahwa jika kebutuhan gizi seorang anak tercukupi, maka pertumbuhan berat dan tinggi badannya akan sesuai dengan umurnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Anak Yang Tidak Suka Makan Nasi

 

2. Tubuh kuat dan kencang

Tanda kedua seorang anak yang bergizi baik adalah mempunyai tubuh yang kuat dan kencang. Asupan gizi yang cukup pada anak akan membuat otot anak kuat sehingga membuat aktivitas anak menjadi lebih terjaga.

Baca Juga  Cara Mengenali Siklus Pelana Kuda Pada DBD

3. Postur tegap

Tanda selanjutnya adalah mempunyai postur tubuh yang tegap. Postur tubuh yang tegap pada anak menggambarkan terjadinya pertumbuhan tulang yang berjalan dengan baik.

Kita tahu bahwa untuk membentuk tulang yang kuat dan tumbuh tinggi diperlukan banyak nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral yang didapatkan dari makanan yang di asup.

4. Kulit sehat

Selanjutnya adalah memiliki kulit yang sehat. Apa tandanya kalau kulit anak sehat ? Kulit yang sehat akan memiliki ciri lembab, tidak keriput dan tidak juga kering. Untuk mendapatkan kulit yang sehat pada anak membutuhkan asupan vitamin A, E dan zinc yang cukup.

5. Rambut berkilau

Rambut yang berkilau dan tidak kusam menjadi tanda kalau anak memiliki gizi yang baik. Rambut yang tidak sehat adalah kusam dan tidak berkilau.

Baca Juga  Kiat Untuk Membentuk Anak Yang Cerdas

6. Mata jernih

Ciri anak yang memiliki gizi yang baik adalah dapat dilihat dari mata. Mata anak yang gizinya baik adalah berwarna putih jernih.

7. Tanggap dan ceria

Seorang anak yang tanggap dan ceria menjadi tanda kalau asupan gizinya terpenuhi. Hl ini bisa kita amati saat anak di rumah atau di sekolah. Seorang anak yang sering merasa lemas dan kurang aktif, biasanya mengalami anemia yang disebabkan karena kurang asupan zat besi.

8. Napsu makan baik

Salah satu tanda kalau status gizi anak baik adalah bisa kita lihat dari nafsu makan. Mereka akan mempunyai nafsu makan yang baik dan tidak berlebihan juga tidak kurang. Seorang orang tua harus pandai-pandai melatih anak untuk suka makan sayur dan buah sejak kecil karena terkandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Meskipun pada kenyataannya hampir semua anak kurang suka makan sayur.

Baca Juga  Jangan Menyepelekan Penyakit Maag Karena Juga Bisa Menyebabkan Kematian

9.Buang air besar teratur

Selanjutnya adalah bisa kita lihat dari frekuensi buang air besar. Kalau anak mempunyai sistem pencernaan yang baik, maka akan mengalami buang air besar secara teratur. Ini menandakan asupan serat yang cukup pada anak.

10. Tidur nyenyak

Tanda yang terakhir seorang anak yang bergizi baik adalah mempunyai kaulitas tidur yang baik pada malam hari. Tidur yang berkualitas pada malam hari sangat bagus bagi perkembangan anak.

Artikel Terkait : 5 Jenis Makanan Yang Bisa Membuat Daya Tahan Tubuh Anak Kuat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *