Beberapa Penyakit Yang disebabkan Karena Sering Begadang

header niko 728 x 90

suka begadang

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang suka begadang harus membaca informasi ini. Mengapa demikian ? Seseorang yang suka begadang yang menyebabkan kurang tidur akan berdampak besar bagi kesehatan kita dalam jangka panjang. Ada beberapa jenis penyakit yang disebabkan karena sering begadang.

Saat kita melakukan begadang pada malam hari, maka keesokan harinya kita akan merasakan lelah, mood menurun, mudah marah, konsentrasi menurun. Itu hanya kalau begadang satu hari, bagaimana jika setiap hari ada orang yang begadang ?

Secara lengkap, berikut beberapa jenis penyakit yang disebabkan karena sering begadang :

1. Obesitas
Tahukah kita bahwa berdasarkan hasil studi menyebutkan bahwa seseorang yang suka begadang beresiko mengalami obesitas. Hal ini menunjukkan kalau obesitas bukan hanya disebabkan karena terlalu banyak makan dan kurang olahraga saja.

Baca Juga  Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami Pada Wanita Tanpa Olahraga

Saat seseorang mengalami kurang tidur, maka secara alami akan terjadi gangguan metabolisme tubuh yang membuat banyak produksi hormon yang berhubungan dengan nafsu makan.

2. diabetes
Jenis penyakit yang disebabkan karena faktor kurang tidur adalah diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan karena saat orang mengalami kurang tidur, maka akan terjadi gangguan metabolisme tubuh terutama dalam glukosa, karbohidrat dan energi. Tidur malam hanya 5 jam bisa menyebabkan metabolisme glukosa dalam tubuh melambat.

3. Penyakit jantung dan hipertensi
Berdasarkan hasil studi yang lain menyebutkan bahwa seseorang yang suka begadang atau kurang tidur akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan hipertensi. Seseorang yang mempunyai riwayat hipertensi dan jika kurang tidur dalam semalam akan bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah.

Baca Juga  Jangan Takut Ngopi Karena Aman Untuk Jantung

4. Gangguan mood
Bagi anda yang saat ini merasa mudah marah, murung dan sering gelisah, maka bisa jadi disebabkan karena kurang tidur akibat suka begadang. Orang yang suka begadang akan mengalami gangguan mood. Bahkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan kecemasan, depresi dan stres secara mental.

5. Fungsi imun menurun
Saat seseorang kurang tidur yang diakibatkan karena begadang, maka secara alami menurunkan imunitas tubuh yang berfungsi mencegah kita dari berbagai penyakit. Hal ini terbukti saat kita sedang sakit, maka intensitas tidur kita akan lebih tinggi. Ini sebagai kompensasi tubuh untuk meningkatkan kembali imunitas tubuh dengan istirahat yang cukup.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Sering Buang Gas ?

Artikel Terkait : Kenali Tanda Tidur Yang Kurang Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *