Beberapa Obat Yang Harus Anda Hindari Saat Perut Kosong

header niko 728 x 90

bahaya minum obat saat perut kosong

InspirasiBersama.com – Pernahkah anda mendengar saat setelah berobat ke dokter terkadang dokter menganjurkan kita untuk minum obat setelah makan. Itu adalah aturan minum pada jenis obat tertentu. Memang ada beberapa jenis obat tertentu yang harus anda hindari saat perut kosong. Hal ini dimaksudkan agar saat kita minum tidak menimbulkan efek yang negatif pada tubuh kita misalnya rasa sakit pada perut, mual bahkan sampai muntah.

Kalau kita membaca brosur saat membeli obat, maka ada beberapa obat yang memang dibuat untuk diminum setelah kita makan. Artinya obat jenis tersebut akan sangat efektif bekerja saat kita minum setelah makan.

Berikut beberapa obat yang harus anda hindari saat perut kosong :

1. Antibiotik
Ada beberapa jenis antibiotik yang disarankan untuk diminum setelah kita makan. Adapun jenis antibiotik tersebut adalah amoksilin, augmentin dan clofazimine. Ini merupakan aturan minum yang dibuat oleh para pembuat obat karena akan bekerja dengan baik saat kita minum setelah makan.

Baca Juga  Manfaat Lain Dari Cabai Selain Bisa Menurunkan Berat Badan

2. Metformin
Bagi anda penderita diabetes tipe 2 mungkin sudah tidak asing lagi dengan namanya metformin. Metformin adalah jenis obat yang sering diberikan oleh dokter bagi penderita diabetes atau kencing manis. Obat ini sebaiknya diminum setelah makan untuk menghindari sakit perut kalau kita minum sebelum makan.

3. Pil KB
Bagi anda yang menggunakan KB pil, maka setiap hari harus mengkonsumsinya. Hal ini sangat penting untuk kontrasepsi bekerja dengan baik. Namun yang tidak kalah penting yang harus anda perhatikan adalah saat minum obat pil KB. Sebaiknya anda minum pil KB setelah makan karena efeknya bisa mual.

4. Antasida
Jika anda sering merasakan mual dan muntah, maka biasanya dokter akan memberikan obat jenis antasida. Bisa berupa sirup maupun tablet. Dalam aturan minum obat antasida, maka usahakan minum satu jam setelah anda makan. Obat jenis ini sangat efektif dalam menetralisir asam lambung dan menghindarkan dari heartburn atau dada terasa terbakar.

Baca Juga  Tips Berjalan Dengan Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

5. Prednison
Obat jenis prednison, biasanya kita jumpai pada kasus orang yang menderita kadar kortikosteroid rendah. Dalam aturan minumnya, obat ini sangat disarankan untuk diminum setelah makan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari iritasi pada usus.

6. Pereda nyeri
Jika anda sering menggunakan obat pereda nyeri saat sakit kepala, sakit gigi, artritis dan nyeri saat haid maka sangat disarankan untuk mengkonsumsinya setelah anda makan. Obat ini bekerja dengan cara menghambat prostaglandin dan reseptor nyeri tubuh sehingga kita tidak merasakan nyeri lagi. Jika jenis obat ini diminum sebelum makan, maka bisa menyebabkan masalah pada pencernaan dan lambung menjadi perdarahan.

Baca Juga  Sarankan Anak Untuk Bermain diluar Agar Terhindar Dari Obesitas

7. Pereda nyeri golongan narkotik
Jenis obat terakhir yang sebaiknya diminum setelah makan adalah obat pereda nyeri golongan narkotik. Obat jenis ini sangat disarankan untuk dikonsumsi setelah makan karena efek sampingnya bisa menyebabkan rasa mual bahkan sampai muntah.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Ingat Tak Semua Penyakit Perlu Obat Antibiotik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *