Beberapa Mitos Yang Salah Tentang Penyakit Stroke

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sebagai orang Indonesia tentunya bukan hal asing tentang penyakit stroke. Ada banyak sekali orang di sekitar kita yang terkena penyakit ini. Stroke menjadi salah satu jenis penyakit yang menyerang pembuluh darah yang mengarah ke otak yang menjadikannya sebagai salah satu jenis penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia.

Meskipun banyak yang mengalami, masih banyak masyarakat kita yang beranggapan salah dengan penyakit stroke ini. Berikut beberapa mitos yang salah tentang penyakit stroke :

sumber gambar : googleusercontent.com

Mitos 1: Stroke tak bisa dicegah
Siapa bilang penyakit stroke tidak bisa dicegah. Penyakit ini bisa dicegah dengan cara merubah pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat. Selain itu cara efektif lain yang bisa mencegah stroke adalah dengan rutin berolahraga dan menghindari merokok.

Baca Juga  Beberapa Hal Yang Perlu diketahui Tentang Tumor Rahim

Baca Juga : Kadar Kolesterol Yang Tinggi Meningkatkan Resiko Stroke

Mitos 2: Stroke tak bisa diobati
Mitos yang salah tentang penyakit stroke adalah stroke tidak bisa diobati. Stroke merupakan jenis penyakit yang bisa sembuh dengan pengobatan medis dan terapi. Oleh karena itu bagi anda yang mengalami gejala awal stroke, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mencegah kerusakan saraf yang lebih berat.

Jadi anda yang menderita stroke jangan berputus asa menunggu kesembuhan. Memang pada tahap penyembuhan membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan sampai berbulan-bulan.

 

Mitos 3: Stroke hanya menyerang orang tua
Salah jika ada orang yang beranggapan bahwa stroke merupakan penyakit yang hanya menyerang kalangan orang tua. Sekarang ini stroke sudah banyak yang menyerang kalangan orang muda yang lebih disebabkan karena faktor gaya hidup yang buruk dan genetik.

Baca Juga  Tips Mencegah Kanker Dengan Mengkonsumsi Kentang Ungu

Ada banyak kebiasaan yang bisa memicu serangan stroke pada kalangan muda seperti merokok, jarang berolahraga, suka mengkonsumsi junk food dan suka begadang.

Mitos 4: Stroke menyerang atau terjadi di jantung
Mitos yang salah tentang stroke adalah penyakit yang menyerang organ jantung. Stroke merupakan jenis penyakit yang menyerang pembuluh darah di otak yang menyebabkan terganggunya sistem saraf.

Mitos 5: Stroke hanya menyerang pasien hipertensi
Anggapan yang salah tentang stroke yang terakhir adalah salah jika menganggap stroke hanya terjadi pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Memang stroke dan hipertensi sangat erat kaitannya. Namun bukan berarti orang yang tak mempunyai riwayat darah tinggi pasti terbebas dari stroke. Stroke bisa saja menyerang mereka yang mempunyai pola makan dan gaya hidup yang buruk.

Baca Juga  Sekarang Ini Usia Muda Sudah Harus Waspada Stroke

Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Stroke Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *