Beberapa Masalah Pada Rambut yang Harus Diwaspadai Karena Menjadi Tanda Penyakit

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang mengabaikan gangguan pada rambut. Mereka beranggapan bahwa hal ini lumrah terjadi dan bukan menjadi tanda adanya suatu penyakit yang berbahaya. Ternyata menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa masalah yang terjadi pada rambut bisa menjadi indikator adanya suatu penyakit dalam tubuh seseorang.

sumber gambar : https://falony.com

Langsung saja berikut beberapa masalah pada rambut yang bisa menjadi tanda adanya penyakit :
Rambut semakin tipis
Apabila ternyata kita mengalami rambut yang terasa semakin menipis, maka hal ini menjadi indikasi kalau kita kekurangan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Dengan begitu maka sistem kekebalan tubuh kita menjadi lemah.

Baca Juga  Apa Penyebab Sering Pusing Saat Bangun Tidur

Rambut rapuh
Bagaimana dengan rambut yang rapuh ? Jika kamu mengalami hal ini, maka bisa menjadi tanda kalau tubuh kita mengalami kekurangan darah atau anemia dan adanya penyakit gangguan tiroid.

Rambut rontok
Kalau yang satu ini sering kali dialami oleh banyak orang. Rambut yang rontok bisa terjadi akibat adanya konsumsi jenis obat-obatan tertentu. Selain itu rambut yang rontok juga bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Jenis hormon tersebut adalah hormon kortisol yang banyak orang menyebut sebagai hormon stres. Bila anda mengalami rambut rontok yang disertai dengan penurunan berat badan dan kelemahan otot, maka sebaiknya perksakan diri ke dokter.

Baca Juga  Benarkah Cokelat Bisa Membantu Menyembuhkan Diabetes ?

Ketombe
Bagi anda yang sering kali mengalami masalah ketombe yang sulit sekali diatasi dengan menggunakan shampo, maka bisa jadi menjadi indikasi adanya masalah kesehatan dalam tubuh. Beberapa masalah kesehatan yang dikaitkan dengan adanya ketombe yang sulit dihilangkan adalah psoriasis dan masalah pada kesehatan jantung.

Rambut kering
Masalah pada rambut yang terakhir adalah rambut kering. Bila anda merasakan gangguan rambut kering, maka bisa jadi tanda kalau tubuh kita mengalami ketidakseimbangan hormon. Kondisi ini biasanya kerap terjadi pada wanita yang hamil dan mereka yang masuk masa menopause.

Baca Juga  Air Putih Menjadi Sangat Penting Bagi Pendonor Darah

Artikel Terkait : Mengenal Lebih Jauh Tentang Pusing dan Vertigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *