Beberapa Masalah Kesehatan Yang Disebabkan Karena Konsumsi Kedelai Secara Berlebih

header niko 728 x 90

kacang kedelai

InspirasiBersama.com – Semua orang pastinya juga tahu kalau kedelai mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Kedelai menjadi salah satu sumber protein pengganti protein hewani. Namun bagaimana jika kita konsumsi kedelai secara berlebihan ? Ternyata ada beberapa masalah kesehatan yang disebabkan karena konsumsi kedelai secara berlebihan.

 
Salah satu kandungan dalam kedelai adalah isoflavon atau lebih dikenal dengan nama phytoestrogen yang cukup tinggi. Apabila seseorang mengkonsumsi kedelai dalam jumlah yang banyak, maka akan meningkatkan jumlah phytoestrogen dalam tubuh yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan hormon estrogen. Jadi jika kita banyak konsumsi kedelai, maka hormon estrogen kita akan meningkat baik pada pria maupun wanita.
Berikut beberapa masalah kesehatan yang disebabkan karena konsumsi kedelai secara berlebihan :

Baca Juga  Dampak Positif dan Negatif Pornografi Bagi Kehidupan Seksual

– Gangguan tiroid.
Masalah kesehatan pertama yang diakibatkan karena konsumsi kedelai secara berlebihan adalah gangguan pada tiroid. Bagi seseorang yang rutin konsumsi kedelai 30 gram sehari dan berlangsung selama 30 hari maka bisa menyebabkan hipertiroid. Hal ini bisa terjadi pada pria dan wanita.

– Alergi.
Ternyata konsumsi kedelai secara berlebihan juga memicu alergi. Hal ini sering terjadi di Amerika dimana banyak masyarakatnya yang mengalami alergi yang disebabkan karena terlalu banyak konsumsi kedelai. Untuk itu FDA memerintahkan kepada pembuat makanan yang terdapat kandungan kedelai untuk diberikan peringatan ‘mengandung kedelai’.

Baca Juga  Benarkah Keringat Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit ?

– Gangguan reproduksi.
Bagi anda yang suka konsumsi kedelai, maka mulai sekarang harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan berdasarkan sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi kedelai secara berlebih bisa mengganggu reproduksi. Bagi seorang pria akan bisa membuat produksi sperma menurun.

– Risiko kanker.
Resiko kanker karena konsumsi kedelai saat ini masih dalam perdebatan. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi kedelai mampu memberikan efek anti kanker bagi tubuh kita. Namun pada hasil penelitian yang lain menyebutkan bahwa konsumsi kedelai secara berlebihan justru bisa memicu kanker.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang disebabkan karena konsumsi kedelai secara berlebihan. Terlepas dari masih terdapat perbedaan untuk efek samping konsumsi kedelai, maka sebaiknya kita jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Apapun jenis makanannya kalau kita konsumsi secara berlebihan hasilnya akan kurang baik bagi kesehatan. Jadi kuncinya ada pada tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Baca Juga  Menanak Nasi Yang Umum dilakukan, Ternyata Menyebabkan Banyak Sisa Arsenik

Artikel Terkait : Dari Segi Kesehatan Lebih Bagus Mana Tahu Atau Tempe ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *