Beberapa Makanan Yang Sangat Baik Bagi Penderita Asma

header niko 728 x 90

manfaat apel

InspirasiBersama.com – Asma merupakan jenis penyakit yang menyerang saluran pernapasan yang menimbulkan rasa sesak bagi penderitanya. Bagi penderita asma tentu hal ini sangat mengganggu. Untuk itu ada beberapa makanan yang sangat baik bagi penderita asma. Bukan berarti jenis makanan ini bisa menyembuhkan, namun bisa menekan penyakit asma yang lebih buruk.

Berikut beberapa makanan yang sangat baik bagi penderita asma :

1. Apel

Apel sudah banyak orang mengenal akan manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat sering konsumsi apel adalah sangat baik bagi penderita asma. Selain itu berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Inggris menyatakan bahwa mereka yang sering konsumsi buah apel, maka akan menurunkan 32 persen resiko terkena penyakit asma.

2. Blewah

Salah satu alasan yang membuat buah blewah sangat bagus bagi kesehatan adalah kaya akan kandungan vitamin C. Kita tahu bahwa vitamin C merupakan bagian dari antioksidan yang sangat baik dalam menangkal radikal bebas. Untuk itu buah blewah sangat bagus untuk menghindarkan kita dari penyakit paru-paru yang sering disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang mengatakan mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan vitamin C mampu menurunkan resiko terkena penyakit asma.

Baca Juga  Benarkah Laki-Laki Yang Cepat Ubanan Lebih Beresiko Sakit Jantung?

3. Wortel

Kandungan betakaroten yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang banyak terdapat pada wortel membuatnya sangat bagus untuk menurunkan resiko penyakit asma. Saat betakaroten masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan dirubah menjadi vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Kopi

Ternyata kopi juga sangat bagus bagi penderita asma. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi mampu meningkatkan kemampuan saluran pernapasan. Namun jika jenis kopi yang tidak mengandung kafein maka tidak akan mempunyai dampak yang baik bagi kesehatan saluran pernapasan.

Baca Juga  Waktu Terbaik Seorang Anak Melakukan Tidur Malam

5. Bawang putih

Sejak jaman nenek moyang kita, bawang putih sudah dikenal sebagai bahan bumbu yang sangat baik untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Hal ini dikarenakan bawang putih mempunyai manfaat sebagai antiinflamasi atau anti peradangan. Selain itu bawang putih juga mengandung allicin yang merupakan jenis antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh kita. Untuk itu sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 menempatkan bawang putih sebagai jenis makanan yang sangat bagus untuk penderita asma.

Baca Juga  Manfaat Lain Melakukan Diet Selain Melangsingkan Badan

6. Alpukat

Buah terakhir yang sangat baik bagi penderita asma adalah alpukat. Buah alpukat ternyata banyak mengandung glutatione ( jenis antioksidan ), dan lemak tak jenuh tunggal. Dengan kandungan tinggi antioksidan, maka alpukat sangat bagus bagi penderita asma. Selain itu kandungan lemak tak jenuh tunggal pada alpukat juga sangat bagus dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sumber : intisari-online.com

Artikel Terkait : Jenis Olahraga Yang Disarankan Bagi Penderita Asma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *