Beberapa Makanan Yang Bisa Memicu Tulang Keropos

header niko 728 x 90

 

makanan yang membuat tulang keroposSemua orang pastinya tahu akan pentingnya kalsium dan vitamin D bagi tubuh kita. Kalsium dan vitamin D sangat bagus bagi kesehatan tulang kita agar tetap kuat dan tidak keropos. Namun pada artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa makanan yang bisa memicu tulang keropos.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang membuat tulang kita mudak keropos:

 

1. Terlalu banyak protein hewani

Kita pernah mendengar istilah ‘segala sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus’ hal itu ternyata terbukti saat kita terlalu banyak konsumsi protein hewani secara berlebihan. Protein memang mempunyai peranan yang sangat penting bagi tubuh kita, tetapi kalau kita mengkonsumsinya secara berlebihan maka bisa membuat kalsium akan keluar dari tulang kita. Dan ini tidak bagus bagi tubuh karena bisa membuat tulang kita menjadi rapuh atau keropos.

Tetapi hal ini tidak berlaku pada jenis protein nabati. Apabila kita mengkonsumsi dalam jumlah banyak tidak akan menyebabkan kalsium keluar dari tulang kita. Hal ini sudah dilakukan penelitian yang dilakukan oleh Nurses Health Study II yang di kepalai oleh Harvard Medical School mengatakan bahwa mereka yang melakukan konsumsi daging merah lima kali seminggu akan lebih beresiko mengalami patah tulang dari pada mereka yang hanya mengkonsumsi daging merah seminggu satu kali saja. Penelitian ini telah melibatkan 116.686 wanita yang dilakukan selama 10 tahun.

Baca Juga  Apa Saja Manfaat Kesehatan Tidur Miring ke Kiri ?

 

2. Peran kafein

Seorang wanita yang mempunyai kebiasaan minum kopi empat cangkir per hari akan memiliki resiko patah tulang lebih besar. Penelitian ini telah dilakukan oleh Swedish Department of Toxicology’s National Food Administration yang telah melibatkan 31.527 wanita dengan rentan usia 40-76 tahun. Resiko lebih besar terutama bagi wanita yang sedikit konsumsi kalsiumnya. Kopi mengandung kadar kafein yang cukup tinggi dibandingkan dengan teh.

Baca Juga  Ternyata Buah Semangka Sangat Bagus Untuk Kesehatan Jantung

 

3. Hati-hati Minuman Bersoda

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minuman bersoda mempunyai peranan dalam pengeroposan tulang manusia. Hal ini terjadi karena minuman bersoda banyak mengandung fosfor yang bisa mengurangi kepadatan tulang kita. Berarti bukan hanya kopi yang mengandung banyak kafein saja yang bisa menyebabkan pengeroposan tulang, tetapi minuman bersoda juga meningkatkan resiko pengeroposan tulang.

 

4. Awasi retinol vitamin

Konsumsi vitamin A terlalu banyak akan bisa mengganggu dalam penyerapan vitaminD sehingga memicu pengeroposan tulang. Penelitian yang dilakukan oleh Nurses Health Study II mengunkapkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 3.000 mcg atau  lebih vitamin A akan mengalami resiko patah tulang panggul dari pada mereka yang hanya mengkonsumsi 1.500 mcg vitamin A.

 

5. Hindari alkohol yang berlebihan

Bagi anda yang menyukai minuman yang satu ini mulai sekarang disarankan untuk meninggalkannya. Karena terlalu banyak konsumsi alkohol akan bisa membuat tulang kita kehilangan kepadatan tulangnya sehingga akan rentan terhadap pengeroposan tulang. Selain itu banyak penelitian yang mengatakan konsumsi alkohol memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh secara kompleks.

Baca Juga  Pentingnya Mengontrol Gula Darah Bisa Mencegah Kerusakan Mata

 

6. Kurang buah dan sayur

Salah satu kebiasaan yang bisa membuat tulang kita gampang keropos adalah karena kurangnya asupan buah dan sayur. Dengan asupan buah dan sayur yang kurang akan bisa mengakibatkan kondisi asidosis yang ringan yang bisa membuat tulang kita kehilangan kepadatan. Apalagi jika ditambah dengan konsumsi protein hewani dalam jumlah yang tinggi.

 

Artikel Terkait : Bahaya Konsumsi Kafein Dalam Jumlah Banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *