Beberapa Kesalahan Yang Sering dilakukan Banyak Orang Pada Telinga

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh banyak orang pada telinga adalah mengorek-ngorek telinga dengan maksud mengeluarkan kotoran. Padahal secara fisiologi, telinga merupakan salah satu organ tubuh yang mampu mandiri dalam hal melakukan pembuangan kotoran.

telinga-3

sumber gambar : womantalk.com

Selama ini kebanyakan dari kita yang melakukan pembersihan telinga dengan menggunakan sesuatu mempunyai maksud yang baik, yaitu ingin mengeluarkan kotoran dalam telinga. Namun tidak sedikit dari perilaku ini justru membuat telinga kita bermasalah.

Tahukah kita bahwa kebiasaan sering membersihkan telinga dengan menggunakan kapas bertangkai bisa membuat kondisi telinga lebih buruk. Misalnya saja bisa merusak bagian dalam telinga seperti gendang, mengoyak saluran telinga, dan mendorong kotoran semakin masuk ke dalam telinga yang bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Kalau membersihkan telinga bagian luar memang disarankan, namun kalau membersihkan bagian dalam telinga harus hati-hati. Tahukah kita bahwa yang kita anggap kotoran dalam telinga merupakan zat yang mengandung antibakteri yang sangat bagus mencegah telinga dari infeksi.

Baca Juga  Apa Sich Rahasia Kecantikan Seorang Khloe Kardashian ?

Berikut beberapa kesalahan yang banyak dilakukan orang dalam membersihkan telinga :

1. Terapi lilin
Hal pertama yang banyak dilakukan banyak orang namun berbahaya bagi kesehatan telinga kita adalah melakukan terapi lilin. Mungkin beberapa tahun yang lalu tren terapi lilin menjadi tren terbaru dalam membersihkan telinga. Namun berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa terapi lilin tidak mempunyai manfaat yang positif, justru malah bisa memicu gangguan pendengaran yang cukup berbahaya seperti resiko terbakar dan bisa merusak lapisan telinga.

2. Memasang volume kencang saat memakai headphone
Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa orang yang mengalami gangguan pendengaran, 15 persennya disebabkan karena sering menggunakan volume ponsel yang lebih kencang saat telpon. Ini adalah kesalahan kedua yang sering dilakukan oleh banyak orang.

Baca Juga  Penyebab Menguap Mudah Sekali Menular

3. Memasukkan jari ke telinga
Terkadang kita suka melakukan hal yang sedikit mengandung kebiasaan sejak kecil seperti suka memasukkan jari ke telinga. Perilaku ini bisa membuat lilin semakin masuk ke bagian dalam telinga dan bisa merusak lapisan telinga. Dengan begitu bisa memicu infeksi dan menurunkan fungsi pendengaran.

Baca Juga : Tips Mengatasi Telinga Yang Mendengar Suara Berdering

4. Tidak segera ke dokter
Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak masyarakat kita yang enggan memeriksakan ke dokter saat terjadi penurunan fungsi pendengaran. Mereka menganggap hal itu sebagai hal yang wajar karena pertambahan usia. Padahal kalau dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan gangguan pendengaran yang lebih serius.

Baca Juga  Apa Yang Paling ditakutkan Pria Tentang Hubungan Seks ?

5. Memasukkan benda tajam
Pada beberapa orang memang ada yang sangat suka mengorek-ngorek telinga mereka dengan menggunakan benda yang lebih tajam seperti jepitan rambut atau klip kertas. Bisanya ini menjadi suatu kebiasaan seperti halnya mengupil pada orang dewasa. Padahal memasukkan benda tajam ke bagian telinga bisa sangat berbahaya yang bisa merusak organ telinga dan memicu infeksi.

Artikel Terkait : Penyebab Telinga Terasa Sakit Setelah Berenang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *