Beberapa Kesalahan Saat Mengompres Anak Saat Sedang Demam

header niko 728 x 90

sumber gambar : kompas.com

InspirasiBersama.com – Mendapati anak yang sedang demam pastinya semua orang tua tidak bisa tenang. Anak yang sedang demam akan menyebabkan menjadi mudah rewel, nafsu makan menjadi turun serta susah tidur. Saat anak mereka sedang demam, pasti semua orang tua akan berpikir untuk melakukan kompres guna menurunkan panas anak. Tapi kenyataannya masih banyak kesalahan dalam mengompres yang dilakukan oleh para orang tua.

Kesalahan yang paling sering dilakukan menurut para pakar kesehatan adalah mengompres anak dengan menggunakan air yang dingin. Mungkin kita neranggapan bahwa dengan menggunakan air yang dingin, maka panas akan bisa lebih cepat terserap. Tetapi menurut para pakar kesehatan justru akan membuat panas lebih lama turun. Sebaiknya para orang tua mengompres dengan menggunakan air yang hangat.

Baca Juga  Obesitas Bisa Memperpendek Usia Kita hingga 3 Tahun

Saat kita memberikan kompres air hangat pada anak yang demam, maka akan memberikan sinyal pada pusat panas tubuh bahwa suhu di tubuh atau sekitar anak hangat. Kondisi ini akan membuat perintah pusat panas untuk menurunkan suhunya.

Kesalahan lain saat mengompres anak yang sedang demam adalah menempatkan kompres pada dahi. Padahal menurut para pakar kesehatan lebih menyarankan menempatkan kompres di ketiak dan lipatan paha anak. Kedua lokasi tersebut lebih efektif untuk bisa membantu menurunkan panas pada tubuh anak. Itulah beberapa kesalahan dalam mengompres anak yang sedang demam, semoga bermanfaat.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Jari Sering Kram ?

Sumber : doktersehat.com

Artikel Terkait : Jika Badan Panas Jangan Terburu-buru Minum Obat Panas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *