Beberapa Kesalahan Saat Memotong Sayuran Yang Memicu Paparan Bakteri

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Beberapa kesalahan saat memotong sayuran yang memicu paparan bakteri. Bagi anda yang suka sekali dengan memasak, memotong sayuran menjadi hal yang sangat mudah dilakukan. Meskipun mudah dilakukan, tak jarang mereka melakukan kesalahan yang membuat sayuran terpapar bakteri. Jika dikonsumsi tentu hal ini bisa memicu munculnya suatu penyakit.

sumber gambar : www.rancahpost.co.id

Beberapa kesalahan saat memotong sayuran yang memicu paparan bakteri :

Terlalu terburu-buru dalam mencuci sayur
Kesalahan pertama yang sering kali dilakukan adalah mencuci sayuran dengan terburu-buru. Biasanya kebiasaan ini sering kali dilakukan saat pertama kali kita membeli sayuran dan hendak kita simpan di lemari es. Kita berharap dengan dicuci dan simpan dalam lemari es akan membuat sayuran bersih dan tak mudah membusuk. Ternyata menurut para pakar kesehatan kebiasaan ini justru akan memicu paparan bakteri pada sayuran yang membuatnya cepat membusuk. Sebaiknya dilakukan pencucian sayuran saat hendak memasak.

Baca Juga  Tips Langsing Unik Dengan Cara Makan Depan Cermin

Terlalu cepat dalam memotong sayur
Bagi anda yang suka memasak sayuran, sebaiknya tidak melakukan pemotongan sebelum benar-benar hendak anda masak. Pada sebagian orang biasanya suka memotong sayuran setelah dicuci yang kemudian mereka simpan dalam lemari es. Kebiasaan ini ternyata memicu sayuran terpapar bakteri.

Tidak memakai peralatan memotong yang benar
Kebanyakan para ibu-ibu saat memotong sayuran adalah menggunakan pisau dan talenan yang sama saat memotong daging. Ternyata kebiasaan ini bisa memicu sayuran terpapar bakteri yang bisa memicu penyakit saat kita konsumsi. Sebaiknya anda memisahkan antara pisau dan talenan yang khusus untuk memotong sayuran.

Baca Juga  Antara Es Krim dan Gelato, Mana Yang Paling Sehat ?

Pisau yang dipakai kurang tajam
Kesalahan selanjutnya yang bisa memicu paparan bakteri pada sayuran adalah menggunakan pisau yang kurang tajam. Saat kita memotong sayuran dengan pisau yang tumpul, maka akan mudah tergelincir yang menyebabkan sayuran lebih mungkin terpapar bakteri. Hal ini berbeda saat kita menggunakan pisau yang tajam saat memotong sayuran.

Baca Juga  Efek Minuman Dingin Bagi Kesehatan Jantung

Tidak mencucinya dengan baik
Kesalahan yang terakhir adalah sering mencuci sayuran tidak dengan air yang mengalir. Biasanya para ibu-ibu banyak yang mencuci sayuran hanya dengan merendamnya saja. Padahal sayuran yang baru kita beli tentu banyak kotoran yang menempel yang harus dibersihkan untuk mencegah nempelnya bakteri.

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Mencuci Tangan Yang Benar ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *