Beberapa Kesalahan Orang Tua Yang Bisa Membuat Anak Menjadi Nakal

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Menjadi orang tua yang baik bukanlah perkara yang mudah. Ini sebuah tentangan tersendiri bagi mereka yang sudah menikah dan mempunyai anak. Tidak jarang orang tua yang mengeluhkan kalau anaknya nakal dan susah di atur.

Mempunyai seorang anak yang sesuai yang diinginkan bukan perkara yang mudah, tetapi juga bukan hal yang mustahil. Orang tua perlu mengetahui bagaimana cara mendidik anak yang benar. Selain itu penting juga mengetahui beberapa kesalahan yang justru membuat anak bersikap nakal.

penyebab-anak-nakal

sumber gambar : kunyadu.com

Berikut beberapa kesalahan orang tua yang membuat anak menjadi nakal :

1. Anda membiarkan anak bersikap tidak sopan

Apabila ada orang tua yang sering membiarkan anak berkata tidak sopan kepada orang lain, maka besar kemungkinan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang nakal dan tidak menghormati orang lain.

Kebiasaan ini bisa muncul saat anak berkata tidak sopan, memanggil orang yang lebih tua secara sembarangan, berkata kasar kepada orang tua, suka meminta bantuan orang lain tanpa kata ‘tolong’ dll.

Baca Juga  Hasil Survei : Karyawan Wanita Lebih Rentan Tergoda Selingkuh Dengan Rekan Kerja

2. Anda tidak berusaha memperbaikinya sejak anak masih kecil

Yang perlu diketahui orang tua adalah mendidik anak sejak usia dini sangatlah penting. Ajarkan tentang hal yang baik sedini mungkin, jangan tunggu anak sampai mengerti.

Sekarang tergantung orang tua masing-masing. Kalau menginginkan anak yang bisa sopan terhadap orang lain, maka ajarkan anak untuk berkata sopan dan biasakan bilang kata ‘tolong’ saat meminta bantuan kepada orang lain.

3. Anda membiarkan anak bertingkah di area publik

Sering kali kita melihat orang tua yang dengan sengaja membiarkan anak bertingkat sesukanya di area publik. Mungkin mereka ingin membuat anak menjadi pribadi yang percaya diri. Namun sering membiarkan anak bertingkah sesukanya di area publik mendidik anak menjadi pribadi yang nakal.

Baca Juga  Dampak Buruk Kurang Tidur Bisa Membuat Kadar Kolesterol Naik

Yang perlu diketahui oleh para orang tua adalah seorang anak boleh bertingkah ditempat umum, namun tidak boleh sampai mengorbankan atau mengganggu orang lain. Area publik merupakan tempat dimana banyak orang berkumpul dan punya kepentingan yang sama.

4. Anda takut melukai hati anak

Banyak orang tua yang tidak mau melukai hati anaknya dengan perkataan yang keras. Misalnya saja melarang anak dengan ucapan ‘tidak’ karena melakukan sesuatu yang diinginkan anak. Dengan begitu akan membuat anak berbuat semaunya.

Baca Juga : Penyebab Anak Suka Tak Pedulikan Larangan Orang Tua

Ternyata kebiasaan suka membiarkan anak seperti ini membuat anak menjadi pribadi yang nakal. Melarang atau menerapkan kedisiplinan kepada anak dengan perkataan yang keras tidak menurunkan rasa percaya diri anak dan menjauhkan kita dari anak.

Baca Juga  Benarkah Sering Minum Air Kelapa Saat Hamil Bisa Membuat Kulit Bayi Putih ?

Namun dengan bersikap tegas dan disiplin kepada anak akan melatih atau mendidik anak untuk menjadi pribadi yang baik dan bisa menghargai orang lain. Misalnya saja memarahi anak yang sedang berteriak saat anda ajak ke supermarket. Anda harus bersikap disiplin untuk memberikan pelajaran kepada anak akan batasan perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berada di tempat umum.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Tips Mendidik Kedisiplinan Anak Ala Orang Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *