Beberapa Kesalahan Dalam Memasak Yang Memicu Kegemukan

header niko 728 x 90

kesalahan dalam memasak

InspirasiBersama.com – Tanpa kita sadari ada beberapa kesalahan dalam memasak yang memicu kegemukan. Hal ini terbukti berdasarkan sebuah hasil studi yang menyatakan bahwa seorang wanita yang sering memasak dirumah, ternyata justru berpotensi mengalami kegemukan. Padahal niatan mereka memasak adalah agar lebih sehat jika dibandingkan dengan kita membeli makanan diluar.

Namun hasil penelitian tersebut tidak menyebutkan secara khusus jenis masakan yang dimasak yang berpotensi memicu kegemukan. Tetapi dari studi tersebut juga menemukan bahwa seorang wanita yang sering memasak dirumah, ternyata cenderung suka untuk membuat kue-kue yang mana terdapat banyak kandungan lemak yang juga memicu kegemukan atau obesitas.

Sebenarnya kalau kita membandingkan antara memasak makanan sendiri dengan membeli diluar, maka dengan memasak sendiri dirumah akan mendapatkan banyak manfaat yang akan kita peroleh. Mulai dari pemilihan bahan yang lebih sehat karena dilakukan dengan sendiri, terbebas dari zat-zat yang berbahaya, dan lebih menghemat biaya dibandingkan dengan kita membeli.

Baca Juga  Benarkah Orang Yang Kurus Cenderung Lebih Pelit ?

Berikut beberapa kesalahan memasak yang harus dihindari agar tidak memicu kenaikan berat badan yang memicu banyak penyakit :

Baca Juga : Ternyata Kekurangan Asupan Vitamin Juga Bisa Menyebabkan Kegemukan

– Mencomot bahan makanan
Banyak diantara kita yang suka melakukan mencomot bahan makanan atau mencicipi masakan saat kita masak di dapur. Sering kali kita tidak sadar bahwa apa yang kita lakukan bisa menyebabkan ada banyak asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Kebiasaan seperti ini yang sering membuat para wanita tidak sadar dan mengalami peningkatan berat badan. Sebenarnya dibolehkan mencicipi masakan dalam takaran sedikit, namun jika kita terbiasa mencicipi hampir setiap bahan makanan mulai dari keju, kacang, irisan daging kecil dll, maka akan membuat banyak asupan kalori dalam tubuh kita.

– Kebanyakan karbohidrat
Banyaknya orang yang beralih mengkonsumsi beras merah atau roti gandum dibandingkan dengan nasi memang menjadi hal yang positif bagi kesehatan. Namun yang masih perlu diperhatikan adalah porsi makanan yang kita makan meskipun sudah beralih ke beras merah atau roti gandum. Kalau jumlahnya tetap besar, maka akan sama saja berpotensi menimbulkan kegemukan.

Baca Juga  Bagi Yang Suka Lembur Lakukan Hal Ini Agar Tetap Bugar dan Semangat Kerja

 

Aturlah jumlah kalori yang kita konsumsi yang disesuaikan dengan banyaknya aktivitas kita. Kalau kita tergolong orang yang banyak bekerja dengan posisi duduk dan jarang melakukan aktivitas fisik, maka anda harus membatasi asupan kalori. Selain mengurangi asupan karbohidrat, penting juga untuk melakukan makanan selingan buah dan sayuran sebagai pengganti karbohidrat.

– Terlalu banyak minyak 
Kesalahan dalam memasak yang memicu kegemukan selanjutnya adalah terlalu banyak menggunakan minyak. Memang benar, makanan yang melalui proses penggorengan akan terasa lebih gurih sehingga membuat kebanyakan orang Indonesia menyukai cara memasak ini. Namun untuk menjadi sehat, kita perlu melakukan variasi memasak misalnya menumis, merebus, mengukus atau memanggang yang lebih menyehatkan dan mengurangi resiko kegemukan.

Baca Juga  Apa Yang Terjadi Akibat Minum Obat Palsu ?

– Makan manis setelah makan
Kesalahan memasak yang terakhir adalah sering kita mengakhiri makan dengan makanan yang manis. Banyak masyarakat kita yang mempunyai kebiasaan suka makan manis setelah makan, misalnya minum jus buah atau makan kue. Jika kebiasaan ini telah mendarah daging, maka kita akan beresiko untuk mengalami kegemukan. Memang dirasa enak dan nyaman saat mengkonsumsi makanan manis setelah makan, namun kita harus ingat kalori yang sudah kita makan sebelumnya.

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Konsumsi Karbohidrat Agar Sehat ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *