Beberapa Kerusakan Kulit Yang disebabkan Karena Sinar Matahari

header niko 728 x 90

bahaya sinar UV

InspirasiBersama.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa sulit sekali bagi kita untuk menghindari paparan sinar matahari. Terlebih lagi kita hidup di negara tropis seperti Indonesia yang banyak mendapatkan paparan sinar matahari. Tahukah kita bahwa sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan beberapa kerusakan pada kulit.

Apalagi bagi para orang Barat yang sangat suka berjemur dibawah terik matahari. Kebiasaan seperti ini tentunya kurang baik bagi kesehatan terutama kulit yang bisa menyebabkan berbagai macam kerusakan pada kulit. Ada beberapa jenis kerusakan pada kulit yang disebabkan karena sering terpapar sinar matahari, diantaranya adalah kanker kulit, kulit menjadi mudah keriput dan munculnya bintik-bintik hitam pada kulit.
Berjemur di bawah sinar matahari

Baca Juga  Solusi Redakan Stress Dalam Hitungan Menit

Kebiasaan sering berjemur dibawah terik matahari seperti yang sering dilakukan oleh para bule ternyata berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Kebiasaan seperti ini ternyata bisa menyebabkan munculnya kerusakan pada kulit dan bahkan bisa memicu kanker kulit. Untuk mencegah hal ini maka sangat disarankan untuk menggunakan tabur surya. Jenis tabir surya yang disarankan untuk menangkal sinar UV adalah SPF 30 atau lebih tinggi.
Sunburn (luka bakar tingkat pertama)

Bagi mereka yang suka melakukan berjemur dibawah sinar matahari, maka akan sering mengalami kulit yang terasa panas dan berubah warna menjadi memerah. Kondisi ini akan membuat rasa sakit saat kulit kita disentuh. Ini menunjukkan adanya kerusakan pada bagian luar kulit.

Baca Juga  Ciri-ciri Kepribadian Tipe A Adalah Mudah Marah

Bagaimana cara mengatasi yang demikian ? Jika anda mengalami hal seperti ini, maka bisa melakukan kompres dingin pada bagian kulit yang terasa seperti terbakar. Anda juga bisa mengoleskan pelembab atau cairan lidah buaya yang lebih alami pada kulit yang terasa perih dan panas.
Sunburn (luka bakar tingkat kedua)

Selanjutnya adalah kondisi luka bakar pada kulit yang merupakan tingkat kedua. Ini artinya luka bakar yang terjadi sudah mengenai bagian kulit dalam sehingga menimbulkan rasa nyeri yang lebih dibandingkan dengan luka bakar tingkat pertama.

Pada kondisi luka bakar tingkat kedua ini kulit akan mengalami kemerahan dan mengalami pembengkakan. Biasanya akan muncul suatu benjolan berair pada kulit yang apabila kita pecahkan akan memicu infeksi.
Keriput

Baca Juga  Imunitas Tubuh Bisa Turun Jika Kita Terlalu Banyak Mengkonsumsi Lemak

Seseorang yang sering mendapatkan paparan sinar matahari atau Uv secara berlebihan, maka akan menyebabkan kulit menjadi cepat keriput. Kondisi ini disebabkan karena sinar UV akan merusak serat dalam kulit yang sering kali disebut dengan elastin. Hal ini akan membuat kulit mudah kendor sehingga terlihat keriput.

Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Kanker Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *