Beberapa Kegiatan Yang Dapat Memperlambat Metabolisme Tubuh

header niko 728 x 90

minum kopi pagi hari

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang saat ini berusaha menurunkan berat badan, namun tak kunjung juga menurun. Maka bisa juga disebabkan karena metabolisme tubuh yang buruk. Berikut beberapa kegiatan yang dapat memperlambat metabolisme tubuh :
1. Melupakan secangkir kopi di pagi hari.

Minum kopi pada pagi hari sangat bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini sesuai dengan pernyataan seorang ahli nutrisi dan diet yang berasal dari Atlanta yang bernama Marisa Moore. Dengan minum kopi pagi hari, maka metabolisme tubuh kita akan meningkat sekitar 15 persen selama tiga jam. Selain itu minum kopi juga sangat bagus untuk pencegahan banyak penyakit seperti kardiovaskuler, diabetes dan terbukti mampu menurunkan resiko kematian dini.

Jika anda saat ini jarang mengkonsumsi kopi, maka mulai sekarang mulailah belajar minum kopi. Bagi yang mempunyai riwayat asam lambung, bisa mencoba dengan minum kopi dengan kadar kafein yang lebih rendah. Anda bisa mencobanya seminggu dua kali terlebih dahulu.
2. Sarapan sereal.
Sarapan merupakan kegiatan yang sangat bagus bagi kesehatan. Dengan rutin melakukan sarapan maka menghindarkan kita dari makan secara berlebihan yang memicu peningkatan berat badan. Untuk mempercepat metabolisme tubuh, maka lakukan sarapan dengan tinggi protein. Tambahkan lebih banyak menu protein dalam sarapan agar metabolisme tubuh menjadi lebih baik.
3. Tidak merasa lapar setelah olahraga, sehingga Anda tidak makan.
Saat kita melakukan olahraga, maka akan ada banyak pembakaran dalam tubuh kita. Salah satunya adalah adanya pengurangan masa otot. Untuk memulihkan kondisi yang lemah setelah olahraga, maka kita bisa makan satu jam setelah kita berolahraga agar masa otot dan stamina menjadi pulih kembali.
4. Selalu tidur di jam yang sama setiap malam, kecuali akhir pekan.
Perilaku tidur tepat waktu setiap hari sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Dengan tidur secara teratur maka kita akan mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang baik bagi kesehatan dan metabolisme tubuh. Namun jika kita tidur dengan jam tidak teratur maka bisa mengganggu irama metabolisme tubuh kita.
5. Anda sering kali terlambat menyadari bahwa tubuh kurang cairan.
Saat tubuh kita melakukan metabolisme, maka membutuhkan cairan yang cukup untuk mendukung proses metabolisme. Namun tidak banyak orang yang mengerti pentingnya asupan cairan dalam menunjang metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Jangan biarkan tubuh kita mengalami dehidrasi yang bisa memperlambat metabolisme tubuh.

Baca Juga  Penyebab Keringat Berbau Lebih Tajam Saat Sedang Stres

Untuk mengantisipasi kondisi dehidrasi, maka kita harus mengetahui tanda-tanda kalau tubuh kita mengalami dehidrasi. Salah satu tandanya adalah saat kita buang air kecil maka warna air kencing kuning pekat. Normal warna air kencing adalah kuning jernih. Saat anda mendapati kondisi ini, maka segera lakukan rehidrasi dengan banyak minum air putih.

Baca Juga  Seorang Anak Yang Sering Stres Meningkatkan Resiko Serangan Asma

Artikel Terkait : Penyebab Sering Merasa Ngantuk

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *