Beberapa Kebiasaan Yang Sama Buruknya Dengan Merokok

header niko 728 x 90

duduk lama 3

InspirasiBersama.com – Ada beberapa kebiasaan yang sama buruknya dengan merokok. Ternyata banyak orang yang tidak sadar melakukan hal ini. Mereka beranggapan cukup dengan tidak merokok akan bisa terbebas dari berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan merokok.

Kebiasaan ini sering dilakukan oleh banyak orang setiap harinya. Mereka menganggap apa yang mereka lakukan hanya akan berdampak sedikit pada kesehatan mereka. Namun kenyataannya beberapa kebiasaan itu berdampak sama besarnya saat kita merokok.

Berikut beberapa kebiasaan yang sama buruknya dengan merokok :

 

# 1: Duduk sepanjang hari.
Melakukan duduk dalam jangka waktu yang lama memang terbukti bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.

Bahkan dalam sebuah hasil studi menyebutkan bahwa kebiasaan duduk lama dikaitkan dengan angka tingginya kasus kanker payudara, usus, prostat dan kanker paru-paru.

Bagi anda yang terpaksa mempunyai kebiasaan duduk dalam jangka waktu lama seperti bekerja di kantor, maka sebaiknya anda tetap menyempatkan beberapa saat untuk melakukan jalan kaki sejenak.

Kebiasaan duduk lama juga sering kita jumpai saat kita melihat acara TV yang bagus. Kita akan betah duduk depan TV sampai berjam-jam sampai acara TV selesai. Sebaiknya anda mengurangi kebiasaan buruk ini.

Baca Juga  Beberapa Resiko Yang Bisa Terjadi Pada Pria Setelah Ejakulasi

Baca Juga : Gaya Hidup Yang Tidak Sehat Bisa disebabkan Karena Suka Begadang

 
# 2: Terlalu banyak makan daging dan keju.
Tahukah kita bahwa terlalu banyak makan daging dan keju sama halnya kalau kita merokok. Hal ini disebabkan karena dalam daging dan keju juga terkandung IGF-1 yang merupakan jenis hormon yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

Hal itu terbukti dalam sebuah hasil studi yang dilakukan oleh University of Southem California yang melakukan pengamatan pada seseorang yang suka mengkonsumsi protein hewani. Hasilnya adalah mereka yang suka makan protein hewani hampir empat kali lipat lebih banyak meninggal disebabkan karena penyakit kanker dibandingkan dengan mereka yang sedikit konsumsi protein hewani. Ternyata resiko yang sama terjadi pada mereka yang suka merokok.

Cara memerbaiki: Untuk menghindari hal ini, maka sebaiknya kita mengurangi konsumsi protein hewani dan mengantinya dengan protein nabati. Untuk mendapatkan sumber protein nabati, maka kita bisa banyak konsumsi kacang-kacangan yang lebih menyehatkan daripada makan daging.

 
# 3: Memasak dengan gas alam.

Baca Juga  Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Susu Kental Manis

Kebiasaan selanjutnya yang dampaknya sama besar dengan merokok adalah melakukan memasak dengan menggunakan gas alam. Banyak orang yang belum tahu kalau kita sering memasak dengan menggunakan gas alam akan menimbulkan banyak komtaminasi udara seperti karbon monoksida, nitrogen dioksida dan formal dehid yang mempunyai efek samping sama dengan asap rokok.

 

Cara memerbaiki:  Untuk menghindari hal ini, maka sebaiknya kita memberikan ventilasi yang cukup tepat pada atap ruang dapur kita untuk memberikan lubang ventilasi agar pertukaran gas akibat memasak bisa keluar dengan cepat. Jika kita menerapkan ventilasi ini, maka bisa mengurangi polutan udara sekitar 60-90 persen.

 
# 4: Memasak dengan minyak yang salah.

 

Pemilihan minyak yang salah saat memasak membuat kita memiliki efek yang sama seperti halnya kita merokok. Kebanyakan masyarakat kita memilih jenis minyak kedelai (banyak menyebut dengan ‘minyak sayur’) untuk memasak. Saat kita menggunakan minyak yang salah, maka bisa memicu pelepasan partikel berbahaya seperti aldehida dan hidrokarbon aromatik polisiklik yang efeknya sama halnya saat kita menghirup asap rokok.

Cara memperbaiki:  Untuk menghindari efek samping yang besar, maka sebaiknya kita menggunakan minyak yang baik untuk digunakan memasak seperti minyak zaitun.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mencegah Agar Tidak Sakit Radang Gusi

 
# 5: Tidak cukup tidur.
Kebiasaan kelima yang sama buruknya dengan merokok adalah tidak cukup tidur. Jika kita sering melakukan kurang tidur maka bisa memicu berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung dan stroke.

Bahkan dalam sebuah hasil studi terbaru menyebutkan bahwa jika kita sering melakukan kurang tidur yaitu sekitar enam sampai tujuh jam maka bisa meningkatkan resiko kematian yang setara dengan resiko orang yang merokok.

Cara memperbaiki:  Untuk menghindari hal ini, maka saat anda merasakan lelah dan ngantuk, maka lakukan istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh. Selain itu penting sekali menjaga waktu tidur yang cukup pada malam hari sekitar 7-9 jam.

Artikel Terkait : Dampak Buruk Jika Wanita Merokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *