Beberapa Kebiasaan Yang Bisa Menurunkan Daya Tahan Tubuh

header niko 728 x 90

minum obat

InspirasiBersama.com – Ada beberapa kebiasaan yang bisa menurunkan daya tahan tubuh. Menurut seorang pakar kesehatan sangat penting sekali untuk kita menghindari beberapa kebiasaan itu. Dengan melakukan beberapa hal buruk maka akan bisa merusak kesehatan pencernaan kita terutama bagi usus.

Dengan rusaknya sistem pencernaan seseorang, maka dampaknya akan sangat kompleks sekali yaitu akan menurunkan daya tahan tubuh sehingga tubuh kita akan sangat mudah terserang berbagai macam penyakit. Adapun beberapa kebiasaan tersebut adalah :

 

1.Mengonsumsi obat antasida
Kebiasaan pertama yang bisa membuat daya tahan tubuh kita menurun adalah dengan konsumsi antasida. Kita tahu bahwa antasida merupakan obat yang digunakan untuk menurunkan asam lambung bagi mereka yang mengalami mual dan muntah. Efek dari konsumsi antasida adalah akan menyerap asam dalam lambung kita. Bahkan pada jenis antasida ada yang bersifat mengubah pH lambung kita. Saat lambung mengalami penurunan keasaman, maka makanan yang masuk tidak akan dapat disterilkan dengan benar oleh lambung. Jika hal ini terjadi maka tubuh kita akan mudah mengalami infeksi.

Baca Juga  Hubungan Sukses Berkarier Dengan Penampilan

Apa yang harus dilakukan: Bagi anda yang tidak benar-benar mengalami mual dan muntah yang berlebih, maka hindari konsumsi antasida. Selain itu anda juga harus menghindari konsumsi makanan yang bisa menyebabkan refluks asam lambung.

 

2. Anda mengonsumsi obat pereda nyeri 
Ternyata sering konsumsi obat pereda nyeri bisa membuat usus kita menjadi bocor. Hal ini dikarenakan obat pereda nyeri punya efek samping merusak lapisan usus. Saat terjadi kerusakan pada lapisan usus, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita.

Apa yang harus dilakukan: Yang harus anda lakukan adalah menghindari konsumsi obat pereda nyeri setiap hari. Anda bisa mengkonsumsinya seminggu sekali jika terasa nyeri saja.

 

3. Anda sedang mengonsumsi antibiotik
Banyak orang yang tidak mengetahui kalau konsumsi antibiotik mampu menurunkan kekebalan tubuh seseorang. Hal ini sesuai dengan pernyataan seorang dokter integratif dan holistik obat dokter yang bernama Shilpi Agarwal, MD.

Baca Juga  Punya Kebiasaan Makan Cepat ? Waspada Kegemukan

Seorang wanita lebih rentan mengkonsumsi antibiotik dikarenakan lebih beresiko terkena penyakit infeksi saluran kencing yang sering menggunakan antibiotik dalam penanganannya. Saat kita mengkonsumsi antibiotik, maka efeknya bisa membunuh banyak bakteri baik dalam pernaan kita. Hal ini akan membuat fungsi pencernaan menjadi menurun sehingga bisa memicu penurunan kekebalan tubuh.

Apa yang harus dilakukan:  Apabila anda sering mengalami penyakit infeksi yang membutuhkan pemberian antibiotik, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu untuk konsumsi beberapa makanan alternatif, misalnya konsumsi banyak mengandung vitamin C.

 

4. Anda kecanduan alkohol
Bagi anda yang gemar konsumsi alkohol, maka sangat beresiko mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan minuman keras akan menghambat produksi sel darah merah dan putih dan sumsum tulang yang sangat bagus dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apa yang harus dilakukan: Jika anda ingin terhindar dari resiko penurunan kekebalan tubuh, maka anda harus menghindari konsumsi minuman beralkohol. Secara umum minuman beralkohol sangat tidak disarankan bagi kesehatan.

Baca Juga  Kebiasaan Wanita Pada Saat Mandi Yang Dapat Membahayakan Area Vagina

 

5. Anda sering bepergian 
Bagi anda yang mempunyai hobi berpergian, maka anda sangat rentan mengalami penurunan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan saat kita banyak beraktivitas berpergian akan ada banyak polusi, kuman dan bakteri yang setiap saat menempel ke tubuh kita. Untuk itu bagi anda yang mempunyai hobi ini sangat disarankan untuk menjaga istirahat tidur anda tetap cukup untuk bisa memulihkan kesehatan anda.

Apa yang harus dilakukan:  Yang harus anda lakukan untuk menghindari penurunan kekebalan tubuh walaupun sering berpergian adalah dengan istirahat cukup dan tetap menyempatkan waktu untuk berolahraga secara teratur.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *