Beberapa Kebiasaan Yang Bisa Mengganggu Metabolisme Tubuh

header niko 728 x 90

metabolisme tubuh

InspirasiBersama.com – Agar metabolisme tubuh kita berjalan dengan baik, maka sebaiknya kita menghindari dari beberapa kebiasaan yang bisa mengganggu metabolisme. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar metabolisme tubuh kita berjalan dengan baik misalnya banyak beraktivitas, minum banyak air, serta membangun banyak otot.

Banyak diantaranya kita yang ternyata tidak sadar sering melakukan beberapa hal yang ternyata malah membuat metabolisme tubuh kita menjadi menurun. Apa saja yang sering kita lakukan ? :

 

Anda memusuhi susu

Kebiasaan pertama yang membuat metabolisme tubuh kita terganggu adalah karena kita memusuhi susu. Tidak dapat dipungkiri bahwa ada sebagian orang yang memang tidak suka mengkonsumsi susu dengan beberapa alasan. Namun tahukah kita susu mengandung whey dan kasein yang sangat bermanfaat dalam pembentukan otot. Kita tahu bahwa membangun otot sangat penting untuk membuat metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

 

Anda terlalu sering berada di udara panas

Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa seseorang yang selama satu bulan melakukan tidur dalam suhu kamar berkisar 18 derajat celcius, maka akan terjadi peningkatan pembakaran lemak sebanyak dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang tidur pada ruangan dengan suhu kamar.

Baca Juga  Dampak Buruk Stres Bisa Membuat Program Penurunan Berat Badan Terhambat

Pada saat kita berada pada suhu yang dingin, maka lemak memberikan peranan yang membuat tubuh kita tetap merasakan hangat.

 

Anda diet karbohidrat dengan ekstrim

Kebiasaan ketiga yang membuat metabolisme tubuh terganggu adalah melakukan diet karbohidrat secara ekstrim. Bagi seseorang memang ada yang melakukan tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali dengan harapan berat badan bisa turun. Namun ternyata pola diet yang semacam ini justru membuat metabolisme tubuh kita terganggu.

Orang yang melakukan diet karbohidrat yang ekstrim akan mengalami kehilangan anergi yang membuat badan akan merasa lemas tak bertenaga. Hal ini disebabkan karena kandungan glikogen dalam tubuh kita sangat rendah.

 

Anda terburu-buru dengan latihan kekuatan

Bagi anda yang menginginkan memiliki massa otot yang bagus biasanya akan melakukan banyak latihan kekuatan yang sifatnya terburu-buru. Seharusnya yang kita lakukan adalah tidak melakukan latihan secara terburu-buru. Dengan terburu-buru maka kita akan kehilangan manfaat metabolisme tubuh yang dilakukan selama latihan gerak.

 

Anda ngemil dengan cara yang salah

Kesalahan yang sering kita lakukan yang berdampak pada terganggunya metabolisme tubuh adalah melakukan cemilan dengan cara yang salah. Banyak orang yang memilih jenis cemilan yang salah misalnya kue beras yang kurang bagus dibandingkan dengan saat kita ngemil kacang rebus.

Baca Juga  Sering Konsumsi Kafein Saat Hamil Meningkatkan Resiko Keguguran

Selain itu untuk meningkatkan metabolisme tubuh dengan mengganti camilan tersebut dengan kenari. Anda bisa mengkonsumsi kenari sekitar 1 sampai 1,5 ons  atau sebanyak genggaman kecil yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh kita.

 

Anda fokus pada waktu, bukan intensitas

Sudah terbukti bahwa seseorang yang ingin meningkatkan metabolisme tubuh harus meningkatkan latihan intensitas tinggi. Berdasarkan hasil studi menyebutkan bahwa seorang wanita yang melakukan latihan intensitas tinggi hanya dalam 20 menit selama tiga kali seminggu ternyata mampu menghilangkan bobot mereka sampai 1,5 kg lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang hanya latihan intensitas sedang selama 40 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu.

 

Tidak teliti memilih garam

Tips selanjutnya untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan memilih jenis garam laut yang banyak mengandung yodium. Yodium memiliki peranan yang sangat baik dalam metabolisme tubuh manusia.

Kebanyakan orang saat membeli garam kurang memperhatikan kandungan yodium dalam garam tersebut. Padahal tindakan sepele ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita terutama metabolisme tubuh.

Baca Juga  Bolehkah Mengkonsumsi Susu dicampur Dengan Teh dan Kopi ?

Meskipun demikian bukan berarti kita disarankan untuk banyak mengkonsumsi garam beryodium. Konsumsilah secara wajar jangan berlebihan karena justru akan membahayakan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ada pilihan makanan lain yang banyak mengandung yodium diantaranya rumput laut, ikan laut, dan telur.

Baca Juga : Dampak Buruk Jika Tubuh Kekurangan Garam

 

Anda berolahraga pada waktu yang salah

Melakukan olahraga pada waktu yang salah juga bisa membuat metabolisme tubuh kita terganggu. Misalnya kita melakukan olahraga pagi dalam ruangan. Padahal sinar matahari pagi sangat bagus untuk metabolisme tubuh kita.

Hal ini terbukti bahwa berdasarkan hasil studi menyebutkan bahwa mereka yang mendapatkan paparan sinar matahari pagi yang cukup akan memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang jarang mendapatkan paparan sinar matahari pagi.

Artikel Terkait : Kebiasaan Pagi Hari Yang Membuat Kita Langsing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *