Beberapa Kebiasaan Yang Bisa Mengganggu Keseimbangan PH Kulit

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Untuk menjaga kesehatan kulit, ternyata kita juga perlu menjaga keseimbangan PH. Kondisi ini sama dengan menjaga agar susu bisa lebih awet maka harus kita simpan dalam suhu tertentu. Untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan segar, diperlukan PH yang seimbang.

 

Pernyataan itu juga dikemukakan oleh salah seorang dermatologis yang berasal dari AS yang bernama Mona Gohara yang mengatakan bahwa berbicara tentang kesehatan kulit, maka tidak lepas akan keseimbangan PH.

ph-kulit

sumber gambar : http://nanospray.info/

PH yang sehat

Mari kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan PH. Mungkin kita sering mengucapkan PH namun belum tahu apa sebenarnya PH itu. PH merupakan kepanjangan dari Potensial Hidrogen. PH terdiri atas nomor yang dimulai dari angka 0 sampai 14. Penomoran ini bertujuan untuk menilai apakah bahan tersebut tergolong asam, basa ataupun netral.

 

Dalam sebuah hasil studi menunjukkan kalau seseorang yang mempunyai PH kulit yang tinggi, maka akan mengalami banyak garis pada kulit yang membuat keriput. Kondisi ini berbeda dengan mereka yang mempunyai PH kulit seimbang.

Baca Juga  Cara Menyikapi Seorang Anak Yang Suka Memegang Alat Kelamin

 

Opera sabun

Masih banyak orang yang menggunakan sabun mandi untuk membersihkan kulit wajah. Kondisi ini akan membuat PH mantel kulit menjadi asam yang disebabkan karena kebanyakan dari sabun mandi mengandung deterjen yang bersifat alkali.

 

Maka tidak heran jika mereka yang melakukan kebiasaan ini akan merasakan kulit wajah terasa kering meskipun sudah dibersihkan dengan sabun mandi. Ini menunjukkan kalau sebenarnya kulit membutuhkan suatu pelembab untuk menjaga keseimbangan PH. Oleh karena karena itu disarankan untuk menggunakan sabun pembersih wajah khusus agar PH kulit wajah tetap seimbang.

 

Merawat sendiri

Melakukan perawatan kulit secara mandiri memang tidak disalahkan asal dilakukan dengan benar. Namun pada kenyataannya banyak orang yang salah memilih jenis bahan yang digunakan untuk membersihkan kulit wajah.

Baca Juga  Dampak Buruk Selalu Memaksa Anak Untuk Makan

 

Beberapa contoh adalah menggunakan lemon untuk perawatan kulit wajah. Lemon dipercaya banyak orang mampu mencerahkan kulit kita. Namun kenyataannya menggunakan lemon untuk perawatan kulit bisa menyebabkan pelindung kulit akan hilang. Kondisi ini disebabkan karena lemon mengandung asam yang terlalu tinggi.

Baca Juga : Usahakan Jangan Tertidur Saat Menggunakan Masker Wajah

 

Selain itu banyak orang juga menggunakan soda kue untuk membersihkan kulit yang sudah mati. Padahal penggunaan soda kue untuk perawatan kulit tidak disarankan karena mengandung PH yang lebih tinggi dibandingkan dengan kulit kita.

 

Matahari dan polusi

Sering terpapar sinar matahari, debu dan banyak polusi udara lain bisa menyebabkan kulit wajah kita terlihat kusam, lebih tua dan sangat sensitif. Kondisi ini disebabkan karena hal tersebut bisa merusak mantel kulit yang bersifat asam.

 

Baca Juga  Efek Buruk Jika Kita Malas Berolahraga

Bagi anda yang mengharuskan banyak beraktivitas dengan paparan sinar matahari, debu dan polusi udara sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi antioksidan dan menggunakan pelembab. Banyak konsumsi antioksidan mampu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan karena paparan radikal bebas.

 

Perawatan rutin

Untuk bisa menjaga kesehatan kulit kita tetap optimal, maka disarankan untuk tidak menggunakan jenis sabun, produk yang mengandung pewangi, toner yang bersifat keras dan jenis bahan alami yang ternyata mengandung banyak asam maupun basa. Semuanya itu bisa menyebabkan keseimbangan PH kulit terganggu.

Sumber : KOmpas.com

Artikel Terkait : Benarkah Sperma Bisa digunakan Untuk Perawatan Wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *