Beberapa Jenis Karbohidrat Yang Menyehatkan

header niko 728 x 90

karbohidrat-yang-menyehatkan

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang masih salah memandang tentang karbohidrat, terutama mereka yang sedang melakukan diet menurunkan berat badan. Padahal sebenarnya tubuh kita sangat membutuhkan karbohidrat. Cukup hanya dengan mengurangi porsinya saja, jangan pernah memusuhi karbohidrat sama sekali. Untuk menyikapi hal yang demikian, maka ada beberapa jenis karbohidrat yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

 

Ternyata karbohidrat sendiri mempunyai dua jenis yang berbeda. Mungkin baru kali ini kita mengetahuinya. Kedua jenis karbohidrat tersebut adalah ada yang bersifat sederhana dan kompleks. Untuk jenis karbohidrat sederhana, maka sifatnya adalah cepat diolah oleh tubuh kita sehingga setelah kita mengkonsumsi jenis karbohidrat ini akan sangat cepat dirubah menjadi gula.

Baca Juga  Tips Baru Memperpanjang Usia Dengan Konsumsi Kacang Polong

Adapun beberapa makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat jenis sederhana adalah nasi putih, gula pasir, roti putih, biskuit, madu, sirup jagung, cake dll. Jadi jika kita mengkonsumsi jenis makanan tersebut, maka akan sangat cepat dirubah menjadi gula sesaat setelah kita mengkonsumsinya.

Orang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas lebih sering disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi jenis karbohidrat sederhana ini. Jika anda sering melakukan kebiasaan ini, maka akan memicu peningkatan berat badan dan memicu munculnya penyakit diabetes.

Baca Juga : Menu Sarapan Yang Salah Yang Memicu Kenaikan Berat Badan

Sedangkan untuk jenis karbohidrat yang bersifat kompleks ternyata lebih sehat bagi tubuh kita. Karbohidrat jenis ini ternyata juga mengandung beberapa nutrisi lain yang sangat bagus bagi kesehatan seperti vitamin dan mineral.

Baca Juga  Penyebab Penyakit Kanker Paru Punya Angka Kesembuhan Yang Rendah

 

Sifat dari jenis karbohidrat kompleks adalah mempunyai molekul yang lebih kompleks. Ini artinya jenis karbohidrat ini tidak cepat membuat kadar gula darah kita menjadi naik. Dalam bahasa ilmiahnya hanya mengandung indeks glikemik yang rendah. Selain itu jenis karbohidrat kompleks juga memberikan efek kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat sederhana.

Adapun jenis makanan yang mengandung jenis karbohidrat kompleks adalah produk olahan gandum, oat, kacang-kacangan, ubi-ubian, buah, sayur, kentang, dan pisang. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis karbohidrat yang kompleks.

Baca Juga  Kenali Beberapa Makanan Yang Berkhasiat Membuat Kulit Awet Mudah

Artikel Terkait : Indikasi Anda Harus Melakukan Diet Karbohidrat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *