Beberapa Jenis Asam Lemak Omega Yang Sangat Baik Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa lemak pada tubuh manusia terdiri dari asam lemak. Lemak diibaratkan sebuah dinding, sedangkan asam lemak adalah batu batanya yang digunakan untuk membangun dinding. Perlu bagi kita untuk mengetahui beberapa jenis asam lemak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

 

Berikut beberapa jenis asam lemak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita :

makanan-kaya-asam-lemak

Omega-3

Jenis asam lemak yang pertama adalah omega-3. Secara alami tubuh manusia tidak bisa memproduksi sendiri asam lemak omega-3 ini. Untuk mendapatkan asupan omega-3 kita bisa mendapatkannya dengan konsumsi makanan dan jenis suplemen. Omega-3 sendiri ternyata terbagi menjadi 3 jenis yaitu alpha linolenic acid (ALA), DHA dan EPA.  Untuk jenis omega-3 golongan ALA banyak ditemukan pada jenis makanan seperti biji chia, biji rami, kenari, dan telur.

Baca Juga  Jenis Makanan Yang Bisa Menurunkan Kesuburan Pria

 

Sedangkan untuk jenis EPA dan DHA banyak sekali dijumpai pada jenis makanan seperti salmon, hering dan makarel. Asam lemak omega-3 golongan EPA ini mempunyai sifat anti-inflamasi dan mampu menurunkan resiko munculnya kanker, penyakit jantung dan rheumatoid arthritis. Sedangkan untuk DHA erat kaitannya dengan kesehatan otak manusia.

 

Omega-6

Jenis asam lemak yang kedua adalah omega-6. Banyak orang yang kurang mengetahui tentang omega-6 yang juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. sama seperti omega-3, omega-6 juga tidak dapat diproduksi dalam tubuh sehingga kita harus mendapatkannya dari luar.

 

Untuk mendapatkan asupan omega-6 yang cukup kita perlu banyak konsumsi makanan seperti minyak sayur, minyak jagung, minyak wijen, minyak kacang, kedelai dan minyak safflower.

Baca Juga  Hubungan Seks di Usia Tua Mempunyai Banyak Manfaat

 

Sangat tidak disarankan untuk terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung omega-6. Hal ini disebabkan karena jika jumlah omega-6 terlalu banyak dari omega-3, maka akan menyebabkan muncul peradangan dalam tubuh kita.

 

Omega-9

Jenis asam lemak yang ketiga adalah omega-9. Omega-9 ini berbeda dengan saudaranya yaitu omega-3 dan 6. Omega-9 ini bisa diproduksi secara mandiri oleh tubuh kita tanpa harus mendapatkannya dari luar. Oleh karena itu jarang kita mengalami kekurangan omega-9.

 

Untuk jenis makanan dari luar yang juga kaya akan kandungan omega-9 adalah jenis minyak canola, alpukat, almond, minyak bunga matahari dan minyak zaitun.

Baca Juga : Kandungan Zat Gizi Pada Minyak Zaitun

 

Keberadaan omega-9 ini sangat baik bagi tubuh kita karena bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita sehingga sangat bagus bagi kesehatan jantung.

Baca Juga  Benarkah Setelah Makan Tidak disarankan Untuk Berenang ?

 

Bukan hanya itu saja, konsumsi jenis makanan yang kaya kandungan omega-9 seperti alpukat bisa mengurangi resiko terhadap penyakit diabetes dan gangguan jantung. Meskipun sangat bagus bagi kesehatan, tetap tidak disarankan untuk terlalu banyak konsumsi asam lemak omega-9 karena bisa meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh kita.

Artikel Terkait : Mengapa Tubuh Manusia Membutuhkan Asupan Lemak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *