Beberapa Isu Yang Salah Tentang Efek Samping Kontrasepsi

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat ini banyak informasi yang berkembang tentang efek samping kontrasepsi. Dengan begitu membuat banyak wanita Indonesia menjadi enggan untuk menggunakan kontrasepsi. Padahal kontrasepsi selain bermanfaat untuk membatasi kelahiran, juga mempunyai manfaat kesehatan bagi ibu.

 

Hal ini terbukti bahwa menurut salah seorang bidan yang berasal dari Malang yang menyatakan bahwa sekarang ini banyak wanita yang khawatir tentang efek samping menggunakan kontrasepsi seperti memicu obesitas, membuat siklus haid tidak teratur dan beranggapan bisa mengganggu hubungan suami istri. Dengan begitu angka pengguna kontrasepsi menurun.

isu-kontrasepsi

sumber gambar : health.detik.com

Kekhawatiran yang terjadi di banyak wanita seperti sekarang ini berdasarkan isu negatif yang berkembang atau dalam bahasa sehari-hari kita kenal dengan ‘katanya’. Mereka jarang mendapatkan informasi yang benar tentang kontrasepsi itu sendiri.

Baca Juga  Ingin Membakar Kalori Lebih Banyak ? Lakukan 3 Jenis Olahraga Ini

 

Padahal kalau seorang wanita menggunakan kontrasepsi akan dilakukan sebuah penyesuaian, mana yang lebih cocok digunakan. Jadi setiap wanita mempunyai ciri tersendiri yang berbeda dengan wanita lain. Hal ini disesuaikan dengan kenyamanan dan keamanan ibu apakah menggunakan kontrasepsi hormonal atau non-hormonal.

Baca Juga : Apa Tandanya Kalau Kontrasepsi Yang Kita Gunakan Tidak Cocok ?

 

Baca Juga  Benarkah Semangka Merah dan Kuning Mempunyai Manfaat Yang Berbeda ?

Selain kurang informasi tentang jenis kontrasepsi, banyak wanita yang belum tahu tentang dampak buruk jika kita tidak menggunakan kontrasepsi. Mereka hanya mendengar dari orang lain tentang isu efek samping menggunakan kontrasepsi saja.

 

Misalnya saja tentang salah satu jenis kontrasepsi yang di isukan bisa menyebabkan berat badan meningkat adalah kontrasepsi suntik. Banyak wanita yang beranggapan kalau melakukan KB suntik akan menyebabkan badan kita menjadi gemuk. Padahal ini adalah anggapan yang salah.

 

Badan yang gemuk pada seorang wanita bukan disebabkan karena efek samping menggunakan kontrasepsi seperti KB suntik. Lebih disebabkan karena pola makan yang tidak benar yang memicu kegemukan.

Baca Juga  Rajin Berolahraga Membuat Wanita Lebih Terhindar Dari Penyakit Jantung

Artikel Terkait : Penyebab Kontrasepsi Bisa Mempengaruhi Libido Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *