Beberapa Hormon Yang Sangat Penting Bagi Seorang Wanita

header niko 728 x 90

beberapa hormon yang penting bagi wanita

InspirasiBersama.com – Apakah anda mencari informasi tentang beberapa hormon yang sangat penting bagi seorang wanita ?. Dalam tubuh manusia hormon mempunyai peranan yang cukup vital dalam menunjang aktifitas tubuh dalam sehari-hari. Kebanyakan orang saat berbicara tentang kesehatan tubuh, lebih berfokus pada beberapa organ penting saja misalnya kardiovaskuler, organ pernapasan dan organ pencernaan. Padahal dibalik itu semua hormon mempunyai peranan yang cukup penting.

Apalagi bagi seorang wanita, hormon sangat mempengaruhi terhadap kesehatan. Misalnya saja hormon yang berperan saat seorang wanita hamil, saat mentstruasi, dan hormon agar bisa mempunyai keturunan. Berikut beberapa hormon yang sangat penting bagi seorang wanita.

·         Hormon Estrogen

Jenis hormon pertama yang sangat berpengaruh bagi seorang wanita adalah hormon estrogen. Jenis hormon ini akan akan mengalami peningkatan dalam jumlah pada saat wanita mengalami masa pubertas dan akan perlahan-lahan turun saat seorang wanita mengalami menopause. Apa tandanya kalau kita mempunyai kadar hormon estrogen yang seimbang ? Tandanya adalah siklus haid yang normal. Apabila kita mengalami masalah dalam siklus haid, maka dipastikan kita mengalami tidak seimbangnya kadar hormon estrogen dalam tubuh.

Baca Juga  Jika Anda Sakit Asma Maka Harus Menghindari 7 Kebiasaan Ini

 

Yang harus menjadi perhatian bagi seorang wanita adalah adanya keseimbangan kadar hormon estrogen. Pasalnya apabila kita mengalami jumlah hormon estrogen yang menurun, maka kita akan beresiko mengalami sindrom premenstruasi yang bagi kebanyakan wanita cukup menyiksa. Namun jika jumlahnya terlalu banyak, maka seorang wanita akan beresiko terkena kanker payudara dan penyakit lain seperti endometriosis.

·         Hormon Testosteron

Jenis hormon ini banyak orang yang mengkaitkannya dengan dengan hormon pria. Seorang wanita juga memiliki hormon testosteron seperti halnya seorang pria, namun jumlahnya relatif lebih kecil dibandingkan dengan pria. Meskipun jumlahnya sedikit, hormon testosteron bagi seorang wanita memiliki peranan yang cukup penting untuk mendapatkan energi yang sangat dibutuhkan oleh seorang wanita dalam menunjang aktifitas sehari-hari. Bukan hanya itu saja, hormon ini juga mempengaruhi libido dan suasana hati seorang wanita.

Baca Juga  Ada Beberapa Makanan Yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari Jika Ingin Hamil

 

·         Hormon Progesteron

Salah satu fungsi dari hormon progesteron dalam tubuh wanita adalah menjaga keseimbangan hormon estrogen. Kita tahu bahwa hormon estrogen bagi seorang wanita sangat penting bagi kehamilan dan siklus menstruasi. Saat terjadi peningkatan hormon estrogen dalam tubuh wanita, maka secara alami hormon progesteron akan berusaha menstabilkan dengan cara menurunkan kadarnya.

Baca Juga  Mengapa ya Ada Orang Yang Merasa Sakit Saat Bercinta

 

Sebaliknya jika terjadi kekurangan hormon estrogen dalam tubuh wanita, maka hormon progesteron akan mengalami peningkatan. Apabila ternyata seorang wanita tidak mampu melakukan penyeimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron, maka wanita tersebut akan beresiko mengalami gangguan tidur yaitu insomnia. Selain itu wanita akan mudah mengalami kecemasan.

Sumber : doktersehat.com

Artikel Terkait : Berat Badan Berlebih Bisa Picu Siklus Haid Tidak Teratur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *