Beberapa Hal Yang Perlu diperhatikan Saat Berhubungan Seks, Jika Ingin Menunda Kehamilan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi seorang wanita yang habis melahirkan anak pertama biasanya ingin menunda dahulu untuk kehamilan anak kedua. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan jeda waktu yang cukup untuk kehamilan yang kedua. Namun pada kenyataan masih banyak pasangan yang tidak mengerti bagaimana cara mencegah kehamilan saat berhubungan seks dengan pasangan. Buktinya adalah masih banyak pasangan yang kebobolan meskipun anak pertama masih berusia 1 tahun lebih.

menunda-kehamilan

sumber gambar : kopilelaki.com

Yang harus anda perhatikan saat berhubungan seks dengan pasangan jika ingin menunda kehamilan adalah melihat siklus menstruasi pasangan anda. Kebiasaan ini lebih dikenal dengan kontrasepsi kalender. Anda harus memperhatikan siklus menstruasi pasangan, apakah rutin selama 28 hari ? Jika rutin maka berhubungan seks yang aman dan kemungkinan kecil untuk hamil adalah pada 7 hari setelah menstruasi dan 7 hari sebelum menstruasi berikutnya.

Baca Juga  Beberapa Faktor Yang Bisa Menyebabkan Saraf Kejepit

Jadi pada intinya anda menghindari melakukan hubungan seks pada saat masa subur pasangan anda. Wanita yang normal akan mengalami masa ovulasi yang terjadi pada 12 sampai 14 hari sebelum datangnya menstruasi berikutnya. Bagi pasangan yang mempunyai siklus menstruasi yang normal sangat diuntungkan dengan melakukan hal ini.

Baca Juga : Cara Mengenali Menstruasi Yang Tidak Sehat

Bagaimana jika ternyata siklus menstruasi pasangan kita tidak teratur ? Ini adalah masalah yang sering kali terjadi. Untuk itu sangat disarankan untuk melakukan perhitungan siklus menstruasi pasangan selama enam bulan terakhir. Berapa rata-rata siklus menstruasi pasangan anda. Dengan begitu kita bisa memperkirakan masa suburnya.

Baca Juga  Dampak Buruk Jika Tubuh Kita Kekurangan Garam

Meskipun kita sudah melakukan hal ini, bukan menjadi jaminan pasangan kita tidak akan hamil. Hal ini disebabkan karena sperma pria mampu hidup selama empat hari dalam rahim wanita.

Bagi anda yang berkeinginan untuk menunda kehamilan, maka sangat disarankan pula untuk memperhatikan intensitas hubungan seks. Tidak disarankan untuk terlalu sering melakukan hubungan seks jika ingin menunda kehamilan.

Baca Juga  Atasi Sariawan Dengan Air Garam

Cara yang aman dan kemungkinan hamilnya sangat kecil adalah menggunakan alat kontrasepsi, bisa menggunakan kondom, mengkonsumsi pil KB, atau memilih beberapa jenis alat kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi tubuh anda.
Artikel Terkait : Waktu Yang Tepat Untuk Berhubungan Seks Dengan Pasangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *