Beberapa Hal Yang Perlu diketahui Tentang Tumor Rahim

header niko 728 x 90

Inspirasibersama.com – Bagi seorang wanita dirasa sangat perlu untuk mengetahui tentang tumor rahim atau fibroid rahim. Hal ini disebabkan karena hampir semua wanita memiliki sebuah tumor jinak yang tumbuh pada area dinding rahim.

 

Berdasarkan sebuah data layanan kesehatan masyarakat yang berasal dari AS mengatakan bahwa ada banyak wanita yang mengalami tumor rahim ini, bentuk dan ukurannya berbeda-beda setiap orangnya.

tumor-rahim

tumor rahim pada wanita

Untuk lebih mengenal tentang tumor rahim atau fibroid, berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui :

 

1. Resiko Fibroid Bisa Lebih Besar Terhadap Kelompok Tertentu

Berdasarkan sebuah hasil riset yang dilakukan oleh Mayo Clinic dan Brigham and Womens Hospital mengatakan bahwa sebagian besar wanita mempunyai resiko yang sama untuk terjadinya fibroid rahim sekitar 70 persen. Banyak wanita yang tidak menyadarinya karena gejala yang muncul bisa hanya 25 persen.

Baca Juga  Apakah Cantik Identik Dengan Harga Yang Mahal ?

 

Bagi mereka yang tergolong wanita dengan ras kulit hitam, memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang berkulit putih atau cokelat. Selain itu apabila ada keturunan keluarga yang menderita fibroid, maka resiko itu akan lebih besar bagi anda.

 

2. Fibroid tidak mengkhawatirkan.

Secara umum fibroid tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Namun bagi sebagian wanita bisa mengalami gejala yang bisa mengganggu kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengalami peningkatan jumlah darah haid, kembung, sembelit dan rasa sakit saat berhubungan seks.

 

Namun pada sebagian wanita yang lain fibroid ini tidak memunculkan gejala yang bisa mempengaruhi keseharian mereka. Sebaiknya jika mengganggu aktivitas anda sehari-hari, disarankan untuk memeriksakan ke dokter.

Baca Juga  Benarkah Ngemil Sambil Lihat TV Bisa Mengakibatkan Kita Mati Muda ?

Baca Juga : Banyak Wanita Yang Mengabaikan Gejala Kanker Ovarium

 

3. Bisa memengaruhi kesuburan.

Banyak orang yang bertanya kalau apakah fibroid bisa mempengaruhi kesuburan seorang wanita ? Ternyata hal ini sangat tergantung dari bentuk, jumlah dan ukuran fibroid itu sendiri.

 

Untuk memastikan hal ini, anda perlu datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui adanya gangguan pada kesuburan wanita.

 

4. Tidak harus melakukan histerektomi untuk menyembuhkan fibroid.

Jika orang tua anda punya riwayat mengalami fibroid dan melakukan histerektomi, maka bukan berarti anda juga diharuskan untuk melakukan histerektomi untuk menghilangkan fibroid. Ada cara lain untuk mengatasinya. Salah satunya adalah menggunakan KB IUD yang bersifat hormonal.

Baca Juga  Mengapa Saya Sering Pipis Tengah Malam ?

5. Fibroid masih bisa muncul kembali meskipun sudah diangkat

Yang perlu kita ketahui lagi tentang fibroid atau tumor rahim adalah meskipun sudah melakukan operasi pengangkatan, fibroid masih bisa mungkin untuk kembali lagi. Hal ini berbeda-beda bagi setiap wanita. Untuk itu sangat perlu adanya adanya kerjasama yang baik antara pasien dengan dokter.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Darah Haid Bisa Mendeteksi Adanya Kista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *