Beberapa Hal Yang Menyebabkan Siklus Haid Menjadi Tidak Lancar

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Ada banyak wanita yang mengalami siklus haid yang tidak lancar. Tentu ini bukan menjadi indikator yang baik bagi kesehatan. Untuk itu sangat perlu mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan siklus haid yang tidak teratur.

 

wanita-stres

sumber gambar : http://terapiotak.com/

Meskipun munculnya haid kerap menyebabkan wanita mengalami nyeri perut dan tidak nyaman, bukan berarti senang jika mengalami siklus haid yang tidak teratur. Siklus haid yang tidak normal pada seorang wanita bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah hamil. Saat wanita hamil memang tidak akan mengalami menstruasi.

Jika terjadi siklus haid yang tidak teratur, maka bisa menjadi indikator kalau organ reproduksi wanita kurang sehat. Secara normal setiap 28 hari sekali seorang wanita akan mengalami menstruasi. Kondisi ini terjadi secara normal yang disebabkan karena pengaruh hormonal.

Baca Juga  Manfaat Makan Satu Buah Setiap Hari Sangat Besar bagi Kesehatan

Mungkin anda juga pernah mengalami siklus haid yang tidak normal. Jika terjadi satu atau dua kali dalam hidup anda itu masih tergolong normal. Namun jika terlalu sering maka anda harus mewaspadainya.

Berikut beberapa penyebab siklus haid yang tidak teratur :

– Stres
Penyebab pertama seorang wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur adalah karena stres. Saat seseorang mengalami stres, maka akan ada banyak produksi hormon kortisol yang bisa berpengaruh besar terhadap estrogen dan progesteron. Oleh karena itu tidak heran jika wanita yang stres akan mengalami siklus haid yang tidak teratur.

Baca Juga : Penyebab Nyeri Kepala Saat Menstruasi

– Pola makan
Tahukah kita ternyata pola makan dan berat badan bisa berpengaruh besar terhadap siklus menstruasi seorang wanita. Apabila anda tergolong wanita yang suka konsumsi makanan yang banyak mengandung kalori, maka akan menyebabkan banyak penumpukan lemak yang menyebabkan berat badan berlebih. Kondisi ini akan berpengaruh pada hormonal tubuh yang mempengaruhi proses ovulasi seorang wanita.

Baca Juga  Memanfaatkan Putih Telur Sebagai Masker Wajah Alami

– Olahraga
Penyebab selanjutnya siklus menstruasi yang tidak normal pada wanita adalah bisa disebabkan karena melakukan olahraga yang terlalu keras. Jika berlebihan dalam olahraga, maka bisa membuat penurunan berat badan dan banyak energi yang terbuang. Saat tubuh kita berubah menjadi kurus, maka keseimbangan hormon akan terganggu yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi.

– Sindrom polisistik ovarium (PCOS)
Bagi seorang wanita yang mengalami penyakit kista pada ovarium, maka bisa menyebabkan siklus haid menjadi tidak lancar. Kondisi ini akan diperberat jika wanita mengalami kegemukan. Mereka yang mengalami hal ini akan menyebabkan sulit untuk hamil.

Baca Juga  Sulit Mengendalikan Nafsu Makan ? Anda Harus Rutin Berolahraga

– Pil kontrasepsi
Bagi anda yang setelah mengkonsumsi pil kontrasepsi, maka akan kemungkinan untuk mengalami siklus haid yang tidak teratur. Tubuh membutuhkan beberapa bulan untuk beradaptasi dengan adanya dosis hormon yang terdapat pada pil kontrasepsi.

Artikel Terkait : Tips Mengatasi Nyeri Haid Dengan Melakukan Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *