Beberapa Hal Yang Membuat Daya Tahan Tubuh Menurun

header niko 728 x 90

daya tahan tubuh menurun

InspirasiBersama.com – Sistem imun atau daya tahan tubuh yang kuat adalah modal yang sangat penting agar kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Apabila daya tahan tubuh kita mengalami penurunan, maka tubuh kita akan mudah untuk terserang penyakit dan mungkin sekarang ini kita akan berbaring sakit. Meskipun fungsinya yang sangat penting, banyak orang yang melakukan beberapa hal yang bisa membuat daya tahan tubuh menurun.

Sistem imunitas tubuh bagaikan ‘tentara’ yang menjaga tubuh kita dari serangan virus atau bakteri yang bisa membuat kita sakit. Jika tentara dalam tubuh kita lemah, maka musuh atau virus atau bakteri akan mudah untuk menguasai tubuh kita. Namun daya tahan tubuh seseorang sangat dipengaruhi oleh usia, gaya hidup serta pola makan yang sehat.

Berikut beberapa hal yang membuat daya tahan tubuh menurun :

Baca Juga  Cara Mengetahui Pasangan Yang Kapok Selingkuh

– Terlalu banyak bepergian
Bepergian memang sangatlah menyenangkan. Namun tahukah kita dengan seringnya kita melakukan bepergian, maka sistem imunitas tubuh kita akan bekerja lebih keras untuk melindungi tubuh kita dari resiko virus, bakteri dan lingkungan baru yang banyak terdapat kuman, bakteri dan virus. Dengan demikian, kalau kita sering melakukan bepergian, maka akan membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi melemah.

– Obat antasida
Banyak orang yang tidak tahu kalau penggunaan obat antasida atau pereda rasa mual bisa membuat daya tahan tubuh kita menjadi menurun. Meskipun efek sampingnya cukup berbahaya, maka obat antasida dapat kita beli secara bebas tanpa menggunakan resep dokter.

– Minuman keras
Kebiasaan selanjutnya yang membuat daya tahan tubuh kita menurun adalah sering konsumsi alkohol. Saat kita mengkonsumsi alkohol, maka akan terjadi penurunan produksi sel darah merah dalam tubuh kita. Bukan hanya itu saja, konsumsi alkohol akan merusak banyak organ di dalam tubuh termasuk ginjal.

Baca Juga  Benarkah Oral Seks Berbahaya Bagi Kesehatan ?

– Kesepian
Jika anda termasuk orang yang suka kesepian, maka anda tergolong orang yang memiliki daya tahan tubuh yang kurang bagus dibandingkan dengan mereka yang mempunyai kehidupan sosial yang lebih baik. Jadi hubungan sosial sangat baik bagi imunitas tubuh manusia.

– diet ketat
Banyak orang yang melakukan program diet yang tidak sadar ternyata membuat daya tahan tubuhnya menjadi menurun. Hal ini dikarenakan, dengan menerapkan pola diet ketat, maka kita akan sedikit mengkonsumsi makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Hasilnya kita akan kekurangan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

– Antibiotik
Penggunaan obat antibiotik dalam waktu yang lama akan membuat daya tahan tubuh kita menurun. Ini menjadi sebuah dilema, dimana kita membutuhkan antibiotik untuk membunuh virus atau bakteri yang membuat kita sakit. Tetapi kalau kita konsumsi dalam jangka waktu yang lama bisa membuat imunitas tubuh kita menurun.

Baca Juga  Beberapa Mitos Tentang Minyak Rambut Yang Perlu Diketahui

– Kurang tidur
Kebiasaan terakhir yang membuat daya tahan tubuh menurun adalah sering mengalami kurang tidur. Kebanyakan orang menganggap remeh tentang hal ini. Padahal jika dibiasakan maka akan membuat daya tahan tubuh kita menurun dan mudah terserang penyakit.

Artikel Terkait : Beberapa Makanan Yang Bagus Untuk Imunitas Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *