Beberapa Hal Yang Bisa Meningkatkan Resiko Osteoporosis Pada Pria

header niko 728 x 90

osteoporosis pada pria

InspirasiBersama.com – Mungkin selama ini kita menganggap bahwa osteoporosis identik dengan wanita saja, namun ternyata anggapan kita salah. Seorang pria yang berusia lebih 50 tahun juga beresiko tinggi terkena osteoporosis. Ada banyak faktor yang menyebabkan seorang pria mengalami osteoporosis.

Menurut seorang ahli mengatakan bahwa banyak para pria yang tidak menyangka dirinya beresiko mengalami osteoporosis. Kebanyakan dari pria menganggap osteoporosis hanya melanda kaum wanita saja.

Bagi seorang wanita maupun pria, penyebab osteoporosis hampir sama. Ada banyak faktor yang bisa membuat seorang pria maupun wanita mengalami osteoporosis, diantaranya :

 

1. Usia

Tidak dapat dihindari kalau usia memang menjadi resiko pertama seseorang mengalami osteoporosis. Menurut para ahli, memang pada usia lebih dari 50 tahun seorang pria akan mengalami penurunan kepadatan tulang sampai 1 persen setiap tahunnya.

Karena proses penurunan kepadatan tulang inilah yang bisa menyebabkan seorang pria terkena osteoporosis. Pada usia sebelum 50 tahun, regenerasi tulang masih bisa berjalan. Namun setelah usia 50 tahun akan mengalami penurunan.

Baca Juga  Manfaat Punya Kulit Gelap Bisa Terlindung dari Sinar Matahari

Baca Juga : Manfaat Melompat-lompat Bagi Kesehatan

 

2. Hilangnya testosteron

Penyebab kedua seorang pria mengalami osteoporosis adalah karena menurunnya kadar testosteron dalam tubuh. Kita tahu bahwa hormon testosteron mempunyai kontribusi yang cukup besar dalam membangun kepadatan tulang pria.

Sama halnya bagi seorang wanita, menurunnya kadar estrogen juga mempengaruhi terjadinya osteroporosis. Untuk membangun tulang wanita yang kuat, estrogen mempunyai peranan yang penting.

 

3. Tidak mendapatkan cukup kalsium dan vitamin D

Hubungan antara kalsium dan vitamin D memang sangat kuat untuk menjadikan tulang yang sehat. Kalau kalsium menjadi nutrisi yang sangat dibutuhkan tulang, sedangkan vitamin D berperan membantu penyerapan kalsium yang lebih baik oleh tulang.

Baca Juga  Jenis Makanan Yang Bisa Menurunkan Kesuburan Pria

Seorang pria yang telah berusia lebih dari 50 tahun membutuhkan asupan kalsium yang lebih besar sekitar 1.000 mg setiap harinya. Untuk mendapatkan asupan kalsium yang besar, maka kita bisa memperolehnya dengan banyak mengkonsumsi susu dan jus jeruk.

Menurut para ahli, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi kalsium dalam jumlah lebih dari 500 mg dalam sekali waktu. Biasanya mereka melakukan hal ini dengan mengkonsumsi suplement. Konsumsi terlalu banyak kalsium membuat proses penyerapan justru kurang efektif.

Selain itu untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup, maka kita hanya perlu mendapatkan paparan sinar matahari pagi saja. Hal ini menjadi hal yang sangat mudah, namun pada kenyataannya banyak diantara kita yang tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

 

5. Merokok

Resiko osteoporosis juga akan lebih tinggi terjadi pada pria yang mempunyai kebiasaan merokok.

Baca Juga  Apa Dampaknya Jika Jarang Mencuci Handuk ?

 

6. Minum terlalu banyak alkohol

Tidak sia-sia alkohol merupakan jenis minuman yang dilarang untuk dikonsumsi. Seorang pria yang sering mengkonsumsi alkohol akan banyak kehilangan kekuatan tulang dan bisa memicu osteoporosis.

 

7. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Ada banyak jenis obat yang bisa membuat resiko osteoporosis lebih tinggi, diantaranya adalah obat untuk depresi, obat diabetes, steroid, rheumatoid arthritis, obat maag dan obat kanker.

Artikel Terkait : Cara Mencegah Agar Tulang Tidak Gampang Keropos Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *