Beberapa Hal Yang Bisa Mencegah Naiknya Asam Lambung

header niko 728 x 90

GERD

InspirasiBersama.com – Naiknya asam lambung atau yang lebih dikenal dengan GERD (gastroesophageal reflux disease) memang membuat kita tidak nyaman. Penyakit ini tergolong penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Penderita GERD biasanya akan mengalami mual, muntah dan dada terasa panas (heratburn). Untuk mencegah terjadinya naiknya asam lambung, maka kita perlu melakukan beberapa hal ini.

Ada banyak penyebab seseorang mengalami asam lambung yang naik atau GERD. Mulai  dari karena faktor makanan sampai pola hidup yang tidak sehat. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar bisa terhindar dari penyakit naiknya asam lambung atau GERD, diantaranya :

 

Perhatikan Kualitas Tidur Anda
Hal pertama yang bisa mencegah kita dari naiknya asam lambung atau GERD adalah dengan mengatur kualitas tidur. Berdasarkan banyak studi menyebutkan bahwa gejala refluks atau naiknya asam lambung dikaitkan dengan cara tidur yang salah.

Baca Juga  Makanan Yang Bisa Membuat Aroma Tubuh Pria Menjadi Sensual

Untuk mencegah kekambuhan naiknya asam lambung , maka sebaiknya kita melakukan tidur dengan posisi kepala lebih tinggi sedikit. Caranya adalah selalu memakai bantal saat tidur. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi sedikit membuat resiko kekambuhan naiknya asam lambung kecil.

 

Menurunkan berat badan
Ternyata berat badan yang meningkat berhubungan dengan penyakit naiknya asam lambung. Ini menunjukkan bahwa berat badan yang berlebih akan menimbulkan masalah yang kompleks dalam tubuh kita termasuk naiknya asam lambung.

Untuk itu bagi anda yang sering mengalami gangguan refluks asam lambung untuk menjaga berat badan agar tidak berlebihan. Untuk itu lakukan pola diet yang benar serta rajin melakukan olahraga secara teratur.

Baca Juga  Beberapa Hal Yang Harus Dihindari Sebelum Olahraga

 

Makan dalam porsi kecil
Cara ketiga untuk mencegah refluks asam lambung adalah dengan menerapkan pola makan sedikit tapi sering. Saat kita mencoba makan sekali dalam porsi yang besar, maka bisa membuat perut kita menjadi meregang. Namun jika kita menerapkan pola makan sedikit tapi sering atau 3-4 kali dalam sehari, maka akan membuat refluks asam lambung bisa dicegah.

Baca Juga : Hal-hal Yang Tidak dibolehkan Saat Perut Kosong

 

Komsumsi D-lemonene
Tahukah kita bahwa konsumsi D-lemonene bisa bermanfaat untuk mengobati refluks asam lambung. D-lemonene merupakan minyak yang dihasilkan dari ekstrak kulit jeruk atau lemon.

Konsumsi D-lemonene akan ada banyak kandungan antioksidan yang masuk dalam tubuh kita. bahkan dalam sebuah hasil studi menyatakan bahwa konsumsi 1.000 mg D-lemonene mampu mencegah kita terhadap gejala refluks.

Baca Juga  Ini Dampak Jika Wanita Suka Bercinta Dengan Banyak Pria

 

Kunyah permen karet non-pepermint
Untuk mencegah refluks asam lambung bisa dengan mengunyah permen karet yang non-pepermint. Non-pepermint menjadi catatan, dikarenakan jika permen jenis pepermint justru memicu refluks asam lambung. Kita tahu bahwa saat kita mengunyah permen karet, maka akan ada lebih banyak produksi air liur yang bisa bermanfaat menetralkan asam lambung.

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Agar Perut Tidak Kembung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *