Beberapa Gejala Penyakit Sinusitis Yang Perlu diketahui

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja gejala penyakit sinusitis. Atau mungkin banyak diantara kita yang belum tahu apa yang disebut dengan sinusitis. Sinusitis merupakan sebuah infeksi atau peradangan yang terjadi pada sinus. Penyakit ini disebabkan karena virus yang bisa menyebar melalui udara.

sinusitis

sumber gambar : http://www.ahlinyakesehatanherbal.com/

Secara umum gejala awal sebuah penyakit sinusitis adalah terjadinya flu yang disebabkan karena virus. Saat seseorang mengalami flu, maka akan menyebabkan banyak lendir yang lama kelamaan akan mengental sehingga akan sulit untuk dikeluarkan. Kondisi ini akan menjadi tempat yang sangat disukai oleh bakteri untuk berkembang.

Baca Juga  Efek Buruk Olahraga Lari di Jalan Raya Bagi Kesehatan Paru

Baca Juga : Cara Mengobati Flu Tanpa Menggunakan Obat

Secara detail berikut beberapa gejala penyakit sinusitis yang perlu diketahui oleh banyak orang :

1. Gejala flu lebih dari seminggu
Gejala pertama dari penyakit sinusitis adalah mengalami flu yang terjadi lebih dari tujuh hari. Gejala khas dari sebuah sinusitis adalah munculnya flu yang membuat badan kita terasa lemah, meriang, tenggorokan terasa gatal. Kondisi ini akan semakin memburuk pada hari ketiga dan ke empat. Namun saat menginjak hari kelima sampai ketujuh kondisi akan membaik.

2. Warna lendir berubah
Gejala selanjutnya adalah munculnya lendir dengan warna yang berbeda. Saat seseorang mengalami flu biasa, maka lendir akan berwarna putih. Namun pada sinusitis kondisi ini bisa berubah menjadi kuning atau bahkan hijau dan jumlahnya cenderung bertambah.

Baca Juga  Sayuran Yang Bagus Dikonsumsi Saat Sedang Flu

3. Batuk berdahak
Gejala ketiga penyakit sinusitis adalah munculnya batuk yang disertai dengan dahak. Hal ini bisa terjadi karena saat ada banyak tumpukan lendir yang sulit dikeluarkan, maka akan membuat lendir mengalir di tenggorokan. Hal ini akan menyebabkan refleks batuk yang disertai dengan dahak.

4. Tekanan pada sinus
Saat seseorang mengalami sinusitis, maka akan merasakan tekanan pada area wajah dan sinus. Kondisi ini juga sering kali menyebabkan kepala kita terasa pusing.

Baca Juga  Manfaat Meditasi Bagi Seorang Laki-laki

Jika anda mengalami gejala yang mirip sinusitis, maka sangat disarankan untuk datang ke dokter untuk mendapatkan terapi antibiotik. Namun jika sinusitis yang sering terjadi disebabkan karena alergi, maka anda harus menghindari alergen tersebut agar tidak kembali muncul sinusitis. Itulah beberapa gejala sinusitis yang perlu anda ketahui.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Dahak Dengan Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *