Beberapa Gejala Kanker Paru Yang Perlu diwaspadai

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Dalam kenyataannya banyak orang yang tak sadar kalau mengalami gejala kanker paru. Hal ini menyebabkan banyak diantara mereka datang terlambat untuk memeriksakan diri ke dokter. Kanker paru baru terdeteksi oleh dokter pada stadium yang sudah lanjut.

 

Hal ini juga dibenarkan oleh pakar kesehatan paru yang menyatakan bahwa hampir 80 persen penderita kanker paru baru terdeteksi saat sudah mencapai stadium tiga dan empat.

kanker-paru

sumber gambar : http://sehatalamiku.com/

Secara spesifik, kanker paru memang tidak memunculkan gejala yang khas. Hal inilah yang membuat banyak orang mengabaikan saat mengalami beberapa gejala kanker paru.

Baca Juga : Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh Bisa Menjadi Tanda PPOK

 

Baca Juga  Apa Saja Kandungan Nutrisi Pada ASI Sehingga Sangat Baik Untuk Bayi ?

Secara umum, gejala kanker paru hampir sama dengan penyakit TB yaitu berupa batuk lama, disertai dengan dahak, suara menjadi serak, mudah sekali lelah, berat badan menurun yang tidak jelas penyebabnya dan munculnya mengi.

 

Dengan beberapa gejala tersebut membuat penderita kanker paru sering kali mengalami hipoksia atau kekurangan oksigen sehingga memunculkan gejala jari menjadi bengkak yang bisanya bisa dilihat pada bagian kuku.

 

Banyak para pakar kesehatan yang mengatakan bahwa gejala dari kanker paru sangat mirip dengan penyakit TB (tuberkulosis). Untuk memastikannya maka memerlukan sebuah pemeriksaan lebih mendalam.

 

Selain itu gejala dari kanker paru juga sangat dipengaruhi oleh letak tumor atau jenis kanker itu sendiri. Misalnya saja ternyata tumor pada paru terletak pada bagian pinggir peru yang terdapat banyak pembuluh darah dan saluran pernapasan sehingga gejala yang akan muncul adalah sesak napas.

Baca Juga  Manfaat Sering Naik Turun Tangga Mampu Mencegah Pikun

 

Namun jika ternyata tumor yang muncul pada paru masih sangat kecil, maka gejala yang dimunculkan juga kecil. Kalau tumor yang terjadi sudah besar, maka bisa menyebabkan gejala nyeri dada.

 

Ada kalanya kanker paru yang menyerang bagian saraf. Oleh karena itu penderita akan mengalami gejala gangguan pada saraf mata, tangan dan kaki. Jika ternyata tumor mengenai pembuluh darah baik yang terdapat di jantung, maka gejalanya bisa menyebabkan tangan menjadi bengkak.

 

Baca Juga  Kecepatan Berjalan Bisa Menjadi Indikasi Prediksi Resiko Mengalami Masalah Jantung

Jadi kesimpulannya adalah gejala dari kanker paru beragam tergantung letak dari tumor itu sendiri. Yang perlu kita waspadai adalah faktor resiko kanker paru. Ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan kanker paru seperti kebiasaan merokok, genetik dan sering terpapar salah satu unsur logam yaitu radon.

Artikel Terkait : Kanker Paru Bukan Hanya disebabkan Karena Merokok Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *