Beberapa Gejala Infeksi Saluran Kencing Yang Perlu diwaspadai

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mengalami infeksi saluran kencing atau kemih memang tidak mengenakkan. Infeksi ini sering kali menyerang wanita daripada pria. Infeksi saluran kencing berarti suatu infeksi yang terjadi pada saluran perkemihan. Beberapa organ yang termasuk saluran kemih adalah ureter, uretra dan ginjal.

Banyak orang yang menganggap sepele tentang infeksi saluran kemih ini. Padahal menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa infeksi saluran kemih harus segera terdeteksi dan mendapatkan pengobatan. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka bisa menyebabkan penyebaran sampai ke ginjal.

sumber gambar : kompas.com

Untuk menghindari hal yang lebih buruk, maka sebaiknya kita bisa mengenali beberapa gejala infeksi saluran kemih. Berikut beberapa gejala infeksi saluran kemih menurut Mayo Clinic :

Baca Juga  Tips Menganali Gejala Overdosis Kafein

1. Gejala pertama adalah munculnya keinginan untuk terus melakukan buang air kecil
2. Saat buang air kecil terasa nyeri dan panas seperti terbakar
3. Gejala ketiga adalah terdapat perubahan warna urin menjadi lebih keruh atau bisa juga disertai dengan darah
4. Tanda ke empat adalah aroma urin menjadi lebih tak sedap
5. Gejala yang terakhir adalah munculnya rasa nyeri pada area panggul dan kandung kemih

Beberapa gejala tersebut bukan menjadi patokan yang pasti. Pada beberapa orang terkadang juga disertai dengan rasa mual, muntah dan terasa nyeri saat buang air kecil.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengatasi Mudah Ngantuk Saat Puasa Ramadhan ?

Penyebab seseorang mengalami infeksi saluran kemih adalah disebabkan karena kontaminasi bakteri Escherichia coli (E.coli). Kebiasaan yang bisa menyebabkan penularan infeksi saluran kemih adalah buang air besar atau kecil yang tidak bersih sehingga bakteri yang ada pada anus bisa menyebar masuk ke saluran kencing.

Beberapa kebiasaan lain yang juga bisa memicu munculnya infeksi saluran kemih adalah sering menahan kencing dan terjadinya iritasi saat berhubungan intim.

Baca Juga : Dampak Jika Sering Menahan Kencing

Apabila anda merasakan gejala muncul seperti yang disebutkan diatas, maka sangat disarankan untuk periksa ke dokter untuk dapat segera mendapatkan pengobatan. Biasanya seorang dokter akan memberikan terapi antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab. Jika hal ini anda biarkan begitu saja, maka bisa beresiko merusak organ perkemihan lain yang lebih parah seperti gangguan ginjal secara permanen.

Baca Juga  Beberapa Kebiasaan Yang Bisa Menyehatkan Ginjal

Artikel Terkait : Wajarkah Ibu Hamil Mengalami Sering Kencing ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *