Beberapa Gejala Anemia Yang Perlu diwaspadai

header niko 728 x 90

gejala anemia

InspirasiBersama.com – Mengalami anemia tentunya sangat mengganggu aktivitas fisik kita. Anemia merupakan kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam darah mengalami penurunan dibawah normal. Kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa hal misalnya kurang asupan makanan yang mengandung zat besi, gizi buruk dan terjadinya perdarahan dalam tubuh. Bagi wanita yang sedang hamil juga sangat rentan untuk mengalami anemia yang bisa berdampak buruk bagi ibu dan janin yang dikandung.

Banyak orang yang sebenarnya mengalami gejala anemia namun membiarkannya karena tidak tahu kalau itu menjadi gejala adanya anemia. Secara umum mereka yang mengalami anemia akan merasakan gejala seperti badan lemas, kepala menjadi pusing, mual dan beberapa gejala lain yang bisa menyertai.

Baca Juga  Tips Mudah Mengenali 3 Jenis Miom

Berikut beberapa gejala anemia yang perlu kita waspadai :

1. Kulit pucat

Tanda atau gejala pertama dari anemia yang mudah kita kenali adalah kulit menjadi pucat. Biasanya kondisi ini akan lebih terlihat pada bagian wajah atau kulit bagian tubuh lain. Untuk meyakinkan kalau kita pucat, maka pemeriksaan warna kelopak mata bisa dilakukan. Kalau warnanya merah pucat, maka bisa dipastikan kita mengalami anemia.

2. Nyeri Dada

Tahukah kita bahwa gejala anemia juga bisa menyebabkan munculnya nyeri pada dada. Hal ini bisa terjadi disebabkan karena saat jumlah sel darah merah turun, maka secara otomatis jantung kita akan bekerja lebih keras. Hal inilah yang bisa memicu munculnya nyeri pada dada.

Baca Juga  Manfaat Seseorang Yang Mempunyai Tipe Mata Bundar

Baca Juga : Apa Tandanya Kalau Kita Mengalami Serangan Jantung

3. Detak jantung cepat

Bukan hanya mengalami nyeri pada dada saja, kondisi tubuh yang anemia juga bisa memicu detak jantung menjadi lebih cepat atau takikardia. Kondisi ini disebabkan karena jantung mengalami penurunan suplai darah dan oksigen karena jumlah sel darah merah yang turun.

4. Hemoglobin rendah

Untuk memastikan kalau kita mengalami anemia, maka secara medis memerlukan sebuah pemeriksaan yang dinamakan mengecek kadar Hb (hemoglobin). Dari situ akan ketahuan berapa jumlah sel darah merah seseorang, apakah memerlukan tranfusi darah atau hanya cukup untuk banyak asupan makanan yang mengandung zat besi saja.

Baca Juga  Tidur Bagaikan Investasi Yang Sangat Baik Bagi Kesehatan

5. Kuku rapuh

Selain itu munculnya kondisi kuku yang berubah menjadi mudah rapuh menjadi tanda kalau kita mengalami anemia. Anda bisa memperhatikan kuku kita saat merasakan gejala lain anemia seperti badan lemas, kepala pusing, wajah pucat dan mual. Itulah beberapa gejala anemia yang perlu kita waspadai.

Artikel Terkait : Ciri Nyeri Dada Yang Bukan Merupakan Serangan Jantung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *