Beberapa Gejala Anak Yang Mengalami Gangguan Kecemasan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Secara alamiah setiap manusia pasti pernah merasakan kecemasan. Dengan adanya rasa cemas membuat kita bisa lebih hati-hati dan waspada dalam melakukan sebuah hal. Namun bagaimana jika ternyata kecemasan itu sering muncul pada diri kita ? Tentu ini bukan menjadi hal yang positif, terlebih bagi seorang anak. Bagi orang tua sangat disarankan untuk mengetahui beberapa gejala kecemasan yang terjadi pada anak.

 

Rasa cemas itu memang normal terjadi pada setiap orang, namun jika rasa cemas itu sering kali muncul dan mengganggu aktivitas, maka itu bukan hal yang normal lagi. Bagi sebagian orang yang mengalami gangguan kecemasan sering kali banyak aktivitasnya yang terganggu. Salah satunya adalah susah untuk mengawali tidur, sulit untuk berkonsentrasi dan mudah stres.

gangguan-kecemasan-pada-anak

sumber gambar : www.dunia-ibu.org

Yang menjadi kewaspadaan kita sebagai orang tua adalah bagaimana caranya agar anak tidak sampai mengalami gangguan kecemasan. Kita tahu anak merupakan masa emas pertumbuhan dan perkembangan yang sangat penting bagi kesehatan fisik dan psikologisnya.

Baca Juga  Bahaya Jika Kita Sering Menggunakan Air Yang Kotor Bagi Munculnya Penyakit

 

Pada kenyataan banyak sekali orang tua yang tidak mampu mengenali gejala kecemasan yang terjadi pada anak. Akibatnya secara tidak sadar anak telah mengalami gangguan kecemasan yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Berikut beberapa gejala seorang anak yang mengalami gangguan kecemasan yang wajib diketahui oleh para orang tua :

 

Bertanya banyak hal tentang masa depan

Tanda pertama seorang anak yang mengalami gangguan kecemasan adalah sering bertanya tentang masa depan. Secara naluri anak yang sering menanyakan akan hal ini menggambarkan kalau dia khawatir tentang apa yang ia lakukan sekarang ini tidak benar. Mereka akan lebih sering menanyakan kepada orang tua apakah yang telah dilakukan akan berdampak baik-baik saja untuk masa depan anak.

 

Baca Juga  Benarkah Tidak Semua Lemak Berbahaya Bagi Kesehatan ?

Anak Menjadi Mudah Tersinggung dan Agresif

Gejala kedua seorang anak yang mengalami gangguan kecemasan adalah memiliki sifat mudah tersinggung dan agresif. Hal ini bisa terjadi karena anak akan melakukan sebuah proses emosi yang kompleks yang muncul akibat kecemasan yang dialami. Mereka juga diketahui sulit untuk melakukan sebuah kompromi saat dihadapkan dengan kondisi yang sulit.

Baca Juga : Cara Mengenali Gejala Autis Pada Anak Usia 1-3 Tahun

 

Sering mengeluh sakit kepala dan sakit perut

Apabila anda mendapati seorang anak sering kali merasakan gejala sakit kepala dan sakit perut yang tidak jelas penyebabnya, maka bisa jadi sang anak mengalami gejala gangguan kecemasan. Hal ini bisa muncul karena reaksi alamiah tubuh akibat sebuah perasaan cemas.

 

Anak sering memilih duduk di beragam aktivitas menyenangkan

Gejala selanjutnya anak yang mengalami gangguan kecemasan adalah saat berada dalam lingkungan yang menyenangkan, anak akan berusaha untuk mencari tempat duduk atau menyendiri dari aktivitas yang menyenangkan tersebut.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengetahui Seorang Anak Mengalami Gangguan Kecemasan ?

 

Apabila kita mempunyai anak yang lebih cenderung untuk menghindar dari situasi yang menyenangkan bagi usia anak, maka kita harus waspada karena bisa jadi itu menjadi gejala gangguan kecemasan.

Kesulitan fokus

Tanda dan gejala terakhir seorang anak yang mengalami gangguan kecemasan adalah mengalami kesulitan dalam hal berkonsentrasi. Hal ini bisa tampak saat anak di sekolah. Anak akan merasa kesulitan fokus mendengarkan pelajaran sekolah yang akibatnya membuat sulit menangkap pelajaran.

Artikel Terkait : Anak Yang Rewel Bisa disebabkan Karena Kurang Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *