Beberapa Fakta Tentang Minyak Zaitun Yang Perlu diketahui

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sejak jaman dahulu, minyak zaitun sudah dikenal dengan manfaat yang besar bagi kesehatan dan kecantikan. Dengan begitu membuat minyak zaitun menjadi sebuah komoditas perdagangan yang menggiurkan.

 

Mengkonsumsi minyak zaitun memang sangat besar manfaatnya bagi kesehatan. Namun tak banyak orang tahu bagaimana mengenali jenis minyak zaitun yang baik.

fakta-minyak-zaitun

sumber gambar : alodokter.com

Dengan permintaan yang semakin tinggi membuat para sebagian produsen minyak zaitun melakukan hal yang nakal. Meskipun berlabel unggulan, belum tentu produk minyak zaitun tersebut mempunyai kualitas yang baik.

 

Menyikapi hal yang demikian, maka sebagai konsumen kita harus tahu cara mengenali produk minyak zaitun yang baik dan yang kurang baik :

Baca Juga  Manfaat Konsumsi Beras Analog Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

 

1) Fakta yang pertama adalah banyak produsen yang sengaja mencampur minyak zaitun kualitas bagus dengan kualitas yang kurang bagus. Tentu ujungnya mencari keuntungan yang lebih.

 

2) Fakta kedua adalah banyak minyak zaitun yang tidak laku dan berbau tengik, namun oleh produsen dikemas seolah-olah masih dalam kondisi yang segar.

 

3) Yang ketiga adalah yang dijual bukan terbuat dari bahan asli minyak zaitun, namun berasal dari minyak bunga matahari atau minyak kedelai. Caranya adalah mendinginkannya kemudian dikemas dengan menggunakan botol minyak zaitun.

 

Dengan beberapa fakta yang terjadi pada minyak zaitun diatas, maka sebagai konsumen kita harus jeli memilih produk minyak zaitun yang asli dan masih bagus.

Baca Juga  Alasan Mereka Yang ‘Jomblo’ Merasa Lebih Bahagia

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Menghilangkan Ketombe

 

Berikut beberapa tips memilih produk minyak yaitu yang masih bagus :

– Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melihat logo kemasan. Adakah label telah melalui sebuah uji kelayakan atau badan pangan yang sudah terpercaya seperti Olive Oil Council California, adalah perangka yang menunjukkan pengesahan yang berasal dari EVA dan UNAPROL.

 

– Menurut para ahli, produk minyak zaitun yang berasal dari Chili dan Australia mempunyai kualitas dan kemurnian yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk minyak zaitun lain. Hal ini sesuai ungkapan Komisi Perdagangan Internasioanl AS.

 

– Tips selanjutnya adalah kalau bisa membeli minyak zaitun yang dikemas dalam botol yang gelap. Hal ini mengurangi resiko paparan sinar terhadap minyak zaitun yang bisa mengurangi kualitas.

Baca Juga  Mengukur Nilai Gizi Pada Makanan Yoghurt Dengan Aneka Rasa

 

Yang perlu diketahui adalah sebuah produsen minyak zaitun yang terpercaya, ternyata lebih memilih botol yang gelap dibandingkan dengan botol bening karena ingin menjaga kualitas minyak zaitun itu sendiri.

Artikel Terkait : Apa Saja Kandungan Gizi Pada Minyak Zaitun ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *