Beberapa Buah dan Sayur Yang Disarankan Dimakan Dengan Kulitnya

makan apel sama kulitnya

InspirasiBersama.com – Untuk mendapatkan khasiat dari sebuah buah dan sayur terkadang diperlukan cara tersendiri dalam memasak atau cara memakannya. Semua ini demi mendapatkan manfaat yang optimal dari buah dan sayuran tersebut. Namun tidak semua buah harus melalui proses tersebut. Berikut beberapa buah dan sayur yang disarankan dimakan dengan kulitnya.

Kalau kita melihat buah dan sayur yang berwarna segar memang membuat kita ingin memakannya beserta kulitnya. Ternyata hal ini ada manfaatnya bagi kesehatan. Dengan memakan buah dan sayuran tertentu dengan kulitnya sekalian, maka kita dapat mengambil manfaat nutrisi, serat dan vitamin yang lebih dibandingkan dengan hanya makan isinya saja.

Berikut beberapa buah dan sayur yang disarankan dikonsumsi beserta kulitnya sekalian. Namun yang perlu kita perhatikan adalah tetap melakukan mencuci dulu sampai bersih dengan menggunakan air yang mengalir. Dengan mencuci terlebih dahulu diharapkan tidak terdapat bahan berbahaya yang menempel pada kulit buah dan sayur yang hendak kita makan.

Baca Juga  Ini Penyebab Seseorang Mengalami Obesitas

1. Apel
Buah pertama yang disarankan dikonsumsi dengan kulitnya adalah buah apel. Memang tidak ada salahnya jika kita hanya konsumsi daging buah apel saja karena sudah banyak mengandung vitamin C. Namun jika kita mengkonsumsi buah apel beserta kulitnya, maka kita akan mendapatkan manfaat lebih yaitu banyak kandungan pektin yang terdapat pada kulit apel. Pektin ini sangat bagus dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan gula darah yang berlebih. selain itu dengan makan apel beserta kulitnya akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga bagus untuk yang lagi diet.

2. Wortel
Kita tahu bahwa wortel termasuk sayuran yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. baru-baru ini para peneliti sedang mempelajari khasiat polyacetylenes yang banyak terkandung dalam kulit wortel. Kandungan tersebut menurut para ahli dipercaya mampu membunuh sel kanker yang terdapat pada tubuh kita.

Baca Juga  Beberapa Makanan Yang Sangat Baik Bagi Penderita Asma

Selain itu polyacetylenes juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti antibakteri, antijamur, dan antiperadangan. Perlu diketahui bahwa zat Polyacetylenes tidak terdapat pada buah atau sayuran lain selain wortel.

3. Kentang
Jenis sayuran ketiga yang disarankan makan beserta kulitnya adalah kentang. Dengan konsumsi kentang beserta kulitnya maka kita akan mendapatkan khasiat kandungan serat, zat besi, folat lebih banyak dibandingkan mengupas kulit kentang.

4. Mentimun
Ada banyak manfaat jika kita makan beserta kulitnya yaitu lebih banyak kandungan kalsium, magnesium, fosfor, potasium, vitamin A dan K. Semua kandungan bermanfaat diatas banyak terkandung dalam kulit mentimun. Untuk itu kalau makan mentimun jangan lupa kulitnya ya.

5. Terung
Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa kulit terung banyak mengandung nasunin. Nasunin sangat bermanfaat sebagai antioksidan dalam tubuh terutama menjaga kesehatan jaringan otak kita.

Baca Juga  Apakah Benar Orang Yang Ketahuan Selingkuh Cenderung Mengulangi Kembali ?

6. Anggur
Tahukah kita kalau kulit buah anggur merah ternyata banyak mengandung resveratrol dan fitokimia yang terbukti sangat bagus bagi kesehatan jantung dan otak. Selain itu berdasarkan studi lain juga mengatakan kulit anggur mengandung zat anti kanker.

Itulah beberapa jenis buah dan sayur yang disarankan dimakan beserta kulitnya. Namun jangan sampai lupa untuk mencucinya dulu dengan air mengalir ya sebelum kita mengkonsumsinya.

Artikel Terkait : 6 Buah Yang Dipercaya Bisa Memperlambat Penuaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *