Beberapa Bahan Dapur Ini Ampuh Dalam Mengatasi Gejala Batuk

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Cuaca yang lagi tak menentu seperti saat ini yang terkadang hujan terkadang juga panas memang sangat rentan sekali kita terkena penyakit. Seperti demam, flu dan juga batuk. Terkadang kita sering meremahkan yang namanya batuk, meskipun batuk merupakan gejala umum dan tidak termasuk pada kategori sakit parah, namun batuk juga dapat mengganggu aktivitas kita.

sumber gambar : http://manfaat.co.id

Selain dapat mengganggu aktivitas kita sendiri, batuk juga dapat mengganggu orang yang ada di sekitar kita. Untuk itu batuk juga harus diobati agar bisa lekas sembuh dan aktivitas bisa kembali lancar. Mengatasi gejala batuk tidak harus dengan mengkonsumsi obat-obatan yang ada kandungan kimianya karena akan mempunyai efek samping yang tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga  Banyak Makan Serat Bermanfaat Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Baca Juga : Jangan Sepelakan Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh

Taukah anda jika bahan-bahan alami yang biasanya ada di dapur anda juga dapat mengatasi gejalah batuk. Berikut ini beberapa bahan dapur yang berkhasiat mengatasi gejala batuk:
Jeruk nipis

Jeruk nipis yang biasanya di gunakan untuk mengusir bau amis pada ikan yang mau di masak ini ternyata juga sangat ampuh untuk mengatasi batuk. Hal ini karena jeruk nipis mengandung minyak atsiri yang berkhasiat menghangatkan tenggorokan. Untuk mengatasi gejala batuk biasanya perasan jeruk nipis di campur dengan madu dalam segelas air hangat kemudian diminum.

Jahe

Jahe dari zaman dulu sudah sering di konsumsi untuk menghangatkan tubuh dari dalam. Selain itu jahe juga sangat efektif untuk meredahkan batuk serta melegahkan tenggorokan. Biasanya untuk meredahkan batuk jahe yang sudah di kupas dan si bersihkan diseduh dengan air hangat dan tambahkan madu sedikit agar rasanya lebih enak.

Baca Juga  Efek Samping Sering Lembur Akan Membuat Orang Sulit Tidur

Kencur

Beberapa pakar mengungkapkan dengan hanya mengunyah kencur saja gejala batuk akan segera sembuh. Hal ini karena kencur mengandung minyak atsiri,etulsinaman dan asam trans-sinamat. Selain itu kencur juga berkhasiat sebagai antiinflamasi.

Daun Legundi

Bumbu dapur selanjutnya yang berkhasiat dalam meredakan gejala batuk adalah daun legundi. Dengan kandungan flavonoidnya membuat daun legundi bisa membuat saluran pernapasan menjadi lebih lega. Untuk membuat ramuan daun legundi, biasanya banyak orang yang merebusnya bersama kencur dan kunyit.

Baca Juga  Jika Ingin Langsing Biasakan Minum Air Setelah Bangun Tidur

Daun Saga

Yang terakhir ada daun saga yang banyak terdapat di pinggir jalan. Daun saga cukup efektif meredakan gejala batuk kering. Ternyata daun saga ini bukan hanya bermanfaat meredakan batuk saja, tetap juga kaya kandungan lain seperti antiinflamasi, radang dan meningkatkan proses penyembuhan luka.

Artikel Terkait : Cara Alami Mengatasi Batuk Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *